Di era sekarang ini segala informasi memang sangat mudah untuk diakses. Bahkan info seputar penyakit — yang umumnya hanya diketahui oleh para dokter — pun secara detail bisa kita pelajari. Salah satunya dari situs SehatQ.com.

Artikelnya sudah pasti dapat dipercaya karna memang ditulis langsung oleh para dokter. Sumber referensinya pun jelas. Jadi ndak perlu khawatir hoax.

Semisal sehabis dari konsultasi ke dokter Anda didiagnosa dengan penyakit yang namanya aneh. Gitu sampai di rumah Anda jadi kepikiran. Atau misalkan Anda lupa. Atau kurang jelas dengan apa yang tadi sudah diceritakan oleh dokter. Situs SehatQ.com bisa Anda jadikan referensi untuk cari tahu kembali tentang penyakit Anda.

Menurut saya adanya situs kesehatan seperti ini sangat membantu sekali. Agar kita yang awam di dunia kesehatan bisa setidaknya punya sedikit wawasan. Biar gak buta-buta banget kan yaa.

Walaupun tetap dengan kondisi tertentu kita tidak boleh sembarangan mengambil tindakan sendiri. Jangan merasa karna sudah punya pengetahuan tentang suatu penyakit dan cara menanganinya, lantas Anda jadinya tidak mau repot-repot ke dokter.

Itu salah juga.

Segala tindakan medis tetap harus berada dalam pengawasan yang ahlinya. Yakni dokter.

Dalam setiap artikel penyakit di SehatQ juga sudah ada keterangan kapan kita harus konsultasi ke dokter. Jika kondisinya sudah tidak bisa ditangani sendiri di rumah, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter atau datangi fasilitas layanan kesehatan terdekat dari tempat tinggal Anda.

Ketimbang Cari Tahu di Google, Mending Telusuri di SehatQ

Kalau Anda ingin cari sesuatu informasi seputar penyakit dari google, bisa saja Anda mendapatkan rekomendasi berupa situs yang kurang bisa dipercaya. Ini soal algoritma pencarian google atau SEO.

Memang sih, saya yakin algoritma google saat ini sudah demikian canggih. Namun, tetap saja ada kemungkinan situs yang bukan dengan basic keilmuan kesehatan menulis konten pengalaman tentang suatu penyakit yang Anda cari. Lalu Anda begitu saja percaya. Kan repot.

Berbeda jika Anda langsung telusuri dari pencarian di situs-situs kesehatan resmi. Seperti SehatQ.com. Ini lebih aman.

Sangat mudah kok.

Misalkan, saya kemarin kok beberapa kali mimisan. Maka saya coba buka deh situs SehatQ.com, lalu saya ketikkan di kotak pencarian yang tulisannya “Cari Apapun di SehatQ”.

Lebih mudah lagi sebenarnya jika Anda install aplikasi SehatQ di perangkat ponsel atau tablet Anda. Tinggal buka aplikasinya kapanpun Anda butuhkan.

Setelah Anda ketik apa yang Anda cari, maka nanti akan muncul hasil pencarian yang cukup banyak. Terkait “mimisan” saja ada sekitar 135 hasil. Tinggal pilih saja mana kira-kira artikel yang paling sesuai dengan yang ingin Anda cari tahu.

Hasil pencarian sehatq.com
Hasil pencarian di SehatQ.com

Atau bisa gunakan fitur filter —yang ada di bagian paling atas hasil pencarian— berdasarkan kategori :

  • artikel
  • tindakan medis
  • forum
  • obat
  • penyakit
  • promo
  • dokter
  • fasilitas kesehatan
  • produk
  • merchant

Dengan fitur ini maka hasil pencarian akan ditampilkan hanya dari kategori yang Anda pilih tersebut. Secara spesifik.

Misal Anda pilih forum, maka hasil pencariannya yang muncul dari artikel-artikel yang pernah terbit di forum. Biasanya dari pertanyaan-pertanyaan member SehatQ yang dijawab oleh dokter. Jumlah hasil pencarian yang muncul sekarang menjadi 117.

Jika Anda pilih penyakit, maka yang tampil hanya dari daftar penyakit. Yakni cuman ada 1 artikel dengan judul Mimisan.

Penjelasan Penyakit di SehatQ Sangat Lengkap

Penjelasan penyakit di sehatq lengkap
Penyakit Mimisan (SehatQ)

Seperti terlihat pada gambar diatas.

Artikel tentang penyakit Mimisan (epistaksis) dibahas dengan sangat lengkap. Enaknya pembahasan penyakit di SehatQ dibuat berdasarkan sub judul yang bisa ditampilkan / disembunyikan setiap konten di dalamnya. Seperti :

  • apa itu pengertian mimisan
  • tanda dan gejalanya seperti apa
  • penyebab penyakit
  • diagnosis penyakit
  • cara mengobatinya
  • cara mencegah
  • dan terakhir yang paling penting yakni kapan Anda harus konsultasi ke dokter.

Setelah membaca penjelasan tentang penyakit yang ingin Anda cari tahu, nantinya saat Anda memang harus berkonsultasi dengan dokter tentu akan lebih mudah. Kitanya jadi lebih siap dengan segala kemungkinan tindakan yang akan diambil oleh dokter. Ketika dokter menjelaskan pun kitanya bisa lebih mudeng.

Intinya sekarang, Anda sudah punya bayangan tentang penyakit yang Anda sedang alami.

Di bagian paling bawah setiap artikel sehatQ, Anda juga bisa melihat daftar referensi yang lengkap. Dari link yang tertera tersebut, Anda bisa telusuri lagi lebih lanjut untuk mendapatkan tambahan informasi.

Tapi biasanya, sumbernya itu kebanyakan dari situs-situs berbahasa inggris. Kalau Anda bisa bahasa inggris sih oke. Kalau enggak, yang ada malah bikin pusing. Nambah-nambahin penyakit itu namanya.

Dilengkapi dengan Gambar Visual / Infografis Seputar Penyakit

Pun biasanya di setiap artikel penyakit selalu dilengkapi dengan gambar visual atau terkadang berupa infografis. Ini sangat membantu sekali. Agar pembaca bisa lebih memahami tentang penyakit tersebut.

Misalkan posisinya dibagian tubuh mana. Terkadang istilah-istilah yang aneh dalam dunia kedokteran membuat kita yang awam ini bingung. Dengan adanya gambar ini jadinya bisa lebih terbayangkan.

Contohnya jika disebut penyakit Ablasi Retina. Secara umum kita mungkin hanya membayangkan bentuk mata biasa saja.

Ablasi retina sehatq penyakit
sumber: SehatQ.com

Tapi setelah melihat gambar diatas. Kita jadi agak terbayangkan.

Oh, ternyata kalau ablasi retina itu ada bagian yang agak terlepas gitu dari jaringan yaa”. Bagian yang ditunjuk panah itu.

Atau contoh lainnya lagi semisal Anda cari tentang penyakit Malformasi anorektal. Penyakit apa lagi ini? Dari istilahnya aja udah aneh, iya kan?

Kita yang bukan orang kesehatan mesti gak tergambarkan sama sekali. Meskipun dijelasin definisinya, saya yakin kita yang awam ini belum juga cukup bisa terbayang.

Malformasi anorektal itu ternyata adalah suatu kelainan ketika rektum dan anus tidak berkembang dengan semestinya, sehingga lubang anus tidak terbentuk.

Nah, rektum itu yang mana? Kan tambah bingung lagi malah. Hehe.

Kelainan lubang anus
sumber : SehatQ.com

Setelah lihat gambar diatas baru kebayang, kan?

Oh, ternyata rektum itu bagian paling akhir dari usus besar”.

Terkadang jika kita butuh info yang cepat — atau bagi yang malas baca — dari melihat gambar saja kita sudah bisa dapatkan informasi yang kita cari. Namun untuk lebih memahami —lebih dalam lagi— tentu Anda tetap harus baca artikelnya secara lengkap.

Jadi iyaa kira-kira seperti itu lah.

Selebihnya Anda bisa eksplor sendiri lebih jauh seputar aplikasi SehatQ ini. Baca juga tulisan saya sebelumnya saya punya asisten kesehatan digital, lhoh!

Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiat.

Bagi teman-teman yang mungkin sedang mengalami suatu penyakit, semoga Allah segera berikan kesembuhan dan angkat segala penyakit dari teman-teman semua. Aamiin..