Alhamdulillah tahun ini saya dan keluarga kecil mendapat kesempatan untuk ikut family gathering. Acara rutin yang diadakan oleh perusahaan. Tidak setiap tahun ada family gathering. Seringnya employee gathering — hanya untuk pegawai saja.

Ini juga kali pertamanya saya bawa istri dan anak. Jalan-jalan liburan bersama rekan kerja se-kantor. Selain untuk liburan, momen ini juga bisa dijadikan sebagai ajang berkenalan bagi keluarga antar pegawai.

Walaupun seringnya tiap orang pada sibuk dengan keluarganya masing-masing. Ini wajar sih. Kecuali sebelumnya memang sudah akrab. Kalau belum akrab paling iya interaksi seadanya saja.

Apalagi kalau yang sudah bawa anak. Fokus orangtua pasti akan lebih banyak tertuju pada anaknya.

Apalagi kalau si kecil mulai rewel. Iya sudah. Pergerakan pun semakin terbatas. Menenangkan si kecil dan menuruti kemauannya jadi yang utama.

Pada tulisan ini saya akan mengulas sedikit seputar perjalanan kemarin.

Suralaya Gathering 2019 – Work Together in Harmony

suralaya gathering 2019 work together in harmony

Suralaya Gathering 2019. (foto:dokpri)

Begitulah judul dari kegiatan family gathering Suralaya tahun ini. Kegiatan berlangsung selama dua hari. Diadakan hingga empat batch dengan jadwal keberangkatan yang berbeda.

Untuk batch keempat saja total peserta –jika semuanya hadir– sebanyak 587 orang. Dari total 202 orang pegawai.

Transportasi Suralaya – Bogor menggunakan kendaraan bus PO. Tali Jaya Mercedez Benz dengan total sebanyak 12 unit. Ada yang kursinya 2-2 ada yang 3-2. Untuk yang seat 2-2 juga masih longgar.

Jadinya selama diperjalanan cukup nyaman. Saya bertiga bisa pakai empat kursi.

Grand Mulya Bogor Resort & Convention Hotel

resepsionis hotel grand mulya bogor

Resepsionis hotel grand mulya bogor. (foto: dokpri)

Tempat acara berlangsung di hotel Grand Mulya Bogor. Lokasinya beralamat di Jl. Babakan Tumas No.16 Desa Cikeas – Sukaraja Sentul, Cadas Ngampar, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710.

Saya yakin Anda gak peduli dengan alamatnya. Baca pun malas. Iya kan?

Karna memang sekarang mau cari lokasi suatu tempat itu sangat mudah. Coba buka aplikasi Maps lalu ketikkan “Hotel Grand Mulya Bogor”. Pasti langsung ketemu.

lokasi grand mulya bogor di maps

Lokasi grand mulya bogor di maps

Hanya saja kenyataannya tidak semudah yang tertera di Maps. Lokasi hotel ini lumayan susah diakses. Agak jauh masuk ke dalam. Jalan menuju hotel agak sempit. Untuk bus ukuran besar harus bergantian. Kalau dua arah bisa repot.

Hotel ini memang sangat cocok untuk event gathering. Area hotel cukup luas. Fasilitasnya pun juga sangat mendukung. Memang sesuai dengan yang tertera pada namanya resort & convention hotel.

Kolam renang ada. Kolam renang yang khusus untuk anak-anak juga ada. Kolam pancing ada. Meeting room sudah pasti ada. Lapangan untuk games outdoor ada. Gazebo atau pendopo ada.

Cukup lengkap lah.

Sekedar berliburan di hotel ini saja pun sudah lumayan. Bisa buat refreshing bersama keluarga. Menurut saya juga termasuk hotel yang kids-friendly.

gumati waterpark di grand mulya bogor

grandmulyabogor.com

Ditambah lagi hotel ini satu kawasan dengan Gumati Water Park. Dari depan pintu masuk lobby hotel sudah langsung kelihatan. Walaupun untuk menuju pintu masuk –water park– nya Anda harus agak mutar lagi jalan kedepan.

Saya lebih memilih kolam renang hotel. Karna lebih dekat. Dan karna memang saat itu sedang kurang tertarik saja main ke water park.

Ternyata testimoni teman-teman yang kesana juga tidak memuaskan. Rata-rata bilang tempatnya kurang terawat. Atau apa jangan-jangan memang gak ada yang rawat?

Menginap Satu Malam di Kamar Hotel Grand Mulya Bogor

kamar grand superior twin bed grand mulya bogor

Grand superior twin bed. (grandmulyabogor.com)

Saya dapat kamar yang menghadap ke jalan samping hotel. Kalau dapat yang menghadap lapangan kayaknya lebih asyik. Dan ada balkonnya. Kalau yang saya tidak ada.

Walaupun bisa buka jendela. Rasanya tetap pengap. Mungkin karna kondisi penerangan kurang maksimal. Soalnya ada beberapa lampu LED yang udah “hidup segan mati tak mau”. Redup. Cahaya matahari pun gak sampai ke kamar ini.

Ditambah lagi AC nya bentar-bentar mati. Saya rasa bukan dari pengaturan timer. Giliran AC-nya nyala, malah ada suara berisik. Gak nyaman.

Saya sebenarnya pengen ganti kamar. Tapi ya sudahlah. Gratis juga. Malah nanti jadi merepotkan teman-teman panitia. Kalau saya pesan sendiri, pasti saya sudah komplain ke pihak hotel.

Kamarnya jelek. Kurang bersih. Masih ada kelihatan noda kotor juga di sarung bantal dan kasur. Kamar mandi pun bau apek.

Teman-teman saya lainnya juga menemukan beberapa keluhan. Ada yang ketemu kelabang. Ada yang kamar mandinya mampet. Ada yang air panasnya gak bisa. Dan lainnya.

Untung cuman satu malam.

Untuk kelengkapan fasilitas kamar lainnya gak masalah. Sesuai dengan deskripsi yang tertera di aplikasi.

Dan mungkin saja tidak semua kamar performanya jelek. Barangkali nanti saat Anda yang menginap dapat kamar yang lebih bagus.

Berapa harga menginap di Grand Mulya Bogor Hotel?

harga hotel grand mulya bogoe per malam

Cek harga hotel Grand Mulya Bogor (foto: dokpri)

Untuk harga biasanya bergantung dari hari dan tanggal pemesanan. Sebaiknya Anda cek langsung saja. Bisa dengan hubungi pihak hotel. Atau bisa juga cek dulu lewat aplikasi-aplikasi OTA (online travel agency) yang ada di smartphone Anda.

Saat saya menulis artikel ini harganya berkisar Rp 450-600ribuan per malam. Sudah include sarapan pagi. Ada juga yang room only. Untuk tipe kamar ada banyak pilihan. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kamar yang ditawarkan Hotel Grand Mulya Bogor :

  • Grand Superior (Twin/King) — ukuran 30m2
  • Grand Deluxe (Twin/King) — ukuran 30m2
  • Grand Park Deluxe (Twin/King) — ukuran 30m2
  • Grand Cabana Deluxe (Twin/King) — ukuran 30m2
  • Junior Cabana Suite (King) — Ukuran 73m2
  • Grand Cabana Suite Room (King) — Ukuran 148m2

Saya sempat temukan harga kamar di Grand Mulya Bogor ini mencapai harga Rp 11jutaan per malam. Beneran lho itu harga per malam. Gak salah apa ya?

menginap 11 juta per malam di grand mulya bogor

Harga menginap 11 juta per malam. (foto: dokpri)

Di Cilegon bisa buat biaya sewa rumah setahun. Udah dapat dua kamar.

Makan Sepuasnya Dijamin Gak Kelaparan

Hal yang paling berkesan dari rangkaian kegiatan selama gathering kemarin adalah “perut pasti kenyang”.

Mulai dari di bus keberangkatan dapat snack –makanan ringan. Isinya roti ada tiga item dalam satu kotak. Saya dapat tiga kotak. Satunya saya balikin ke koordinator. Dua aja gak habis.

makanan di perjalanan family gathering suralaya bogor

Makanan di perjalanan. (foto: dokpri)

Untuk anak-anak dapat goodybag lagi isinya jajanan si kecil. Dan untuk makan siang dapat paket hoka-hoka bento.

Makan malamnya di hotel. Gala dinner bersama seluruh peserta. Makanannya ada banyak pilihan —buffet. Selagi perut bisa nampung boleh ambil apa saja sepuasnya.

Ada berbagai macam penampilan sebagai hiburan. Mulai dari tarian tradisional, organ tunggal, musik, interaktif angklung, sampai bagi-bagi doorprize. Dengan hadiah utama —grandprize— berupa emas logam mulia senilai 3 gram.

mc membawakan acara family gathering suralaya

MC sedang membawakan acara. (foto: dokpri)

Kalau musiknya sudah gak karu-karuan. Saya dan istri pun lebih memilih melipir keluar. Pusing dengarnya.

Giliran pengumuman doorprize baru balik lagi ke ruangan. Qodarullah, sampai pengumuman selesai nama saya gak dipanggil-panggil juga. Belum rezeki.

***

Kemudian sarapan pagi juga prasmanan. Kali ini di restoran hotel. Pilihan menunya lumayan. Ada juga disediakan jamu tradisional.

Setelah sarapan panitia menyediakan acara fun games untuk orang dewasa dan lomba mewarnai untuk anak-anak. Saya dan istri repot mengurusi si kecil. Agak rewel. Jadinya balik ke kamar.

fun games gathering suralaya grand mulya bogor

Fun games bersama para peserta. (foto: dokpri)

Padahal games-nya seru. Ada hadiahnya juga. Tapi belum bisa ikutan. Sempat nonton dari lantai atas.

Sebelum check-out pulang. Ternyata makan siangnya masih di restoran hotel. Tadinya saya pikir makan siangnya bakalan di bus. Lumayan lah kalau di hotel. Lagi-lagi bisa makan sepuasnya. Ada es cendol yang bikin seger.

Ternyata setelah di bus kita tetap dapat nasi kotak lagi. Ini tuh untuk makan siang kedua? Apa untuk bekal makan malam ya?

Saya dapat tiga kotak makan siang. Satunya sempat dimakan di bus. Makan bareng dengan anak dan istri. Karna sebenarnya masih kenyang. Juga dapat tiga kotak snack –makanan ringan.

Kesimpulan

Untuk event gathering ini sendiri secara keseluruhan sudah cukup baik. Saya yakin panitia yang terlibat sudah bekerja dengan maksimal. Pelayanan dan fasilitas yang diberikan juga lumayan. Hampir tidak ada kendala. Kecuali kamar.

Untuk penilaian saya pribadi. Tentang destinasi liburan ke bogor kali ini. Dibandingkan dengan saat menginap di Amanuba Hotel. Ada plus minusnya masing-masing.

Untuk kenyamanan kamar tidur saya lebih suka Amanuba Hotel. Untuk menu makanan di restoran saya lebih suka masakan Grand Mulya Bogor.

Semoga bermanfaat.