Setiap orang malas menunggu loading yang lama. Ketika membuka suatu halaman di sebuah situs web. Mereka ingin segera mungkin mendapatkan apa yang mereka cari. Secara instan. Secepat mungkin.

Pun teknologi internet sekarang ini sudah sangat mendukung. Sudah ada internet 4G. Bahkan 5G juga sudah ada — meski di Indonesia masih belum. Hampir semua orang sudah memiliki akses internet.

Maka di sisi pengembang web Anda pun tidak boleh ketinggalan. Di era yang serba cepat seperti sekarang ini. Web Anda juga harus didesain se-ringan mungkin secepat mungkin. Agar bisa diakses tanpa menunggu lebih dari 5 detik — sebelum pengunjung kabur ke situs-situs lain.

Kecepatan website yang lambat adalah masalah untuk bisnis daring Anda.

Chaidir

Apa Saja Keuntungan Memiliki Website yang Cepat?

1. Kesan Pertama yang Baik

Pandangan pertama awal aku bercinta. Tidak perlu dibaca sambil berirama. Namun sajak ini memang benar adanya. Jika dari awal web kita mampu memberikan kesan yang baik — loading web yang cepat — maka ini pertanda awal yang baik untuk bisnis Anda.

Setidaknya disini Anda sudah berhasil mempertahankan calon pengunjung untuk tetap bertahan di web Anda. Mereka tidak memilih kabur. Ini adalah sebuah keberhasilan pertama yang Anda peroleh. Selamat!

2. Pengalaman yang Menyenangkan

Setiap orang yang berkunjung ke sebuah web. Mesti sedang butuh suatu informasi yang mereka sedang cari. Kebanyakan tidak ingin buang-buang waktu.

Bahkan untuk berpindah dari satu halaman artikel satu ke artikel berikutnya dalam web Anda. Jika itu bisa diakses dalam hanya beberapa detik. Maka pengunjung Anda tentu akan merasa nyaman. Untuk baca lagi dan lagi.

Mereka secara sukarela mau berlama-lama menelusuri seluruh konten yang Anda punya. Ini seperti menemukan harta karun. Pengunjung dengan senang hati mencari informasi yang mereka butuhkan dari web Anda yang cepat.

Source : Neilpatel

Wow! Bounce Rate Anda pun menurun drastis. Hebat bukan?

3. Menaikkan Reputasi di Google SERP

Dampak berikutnya mesin pencari Google akan menilai. Dari pengalaman pengunjung yang baik yang Anda berikan, Anda pun dinilai layak untuk menaiki posisi SERP yang bagus. Beberapa artikel Anda punya potensi untuk beranjak naik ke posisi rangking #1.

Google sangat suka web yang cepat. Bahkan ada versi AMP yang sangat disarankan google untuk dibuka oleh peramban seluler.

Coba Anda buktikan, kebanyakan web-web yang berhasil berada di halaman satu pencarian. Mesti punya pengalaman akses web yang rata-rata sangat cepat.

Jika reputasi Anda di google SERP baik, lalu apa?

Bersiap-siaplah web Anda akan kebanjiran pengunjung organik. Ini kabar baik bukan?

4. Loyalitas Kunjungan Balik

Web yang ringan dapat diakses dengan cepat. Navigasi halaman web mudah — tidak membingungkan untuk menemukan sesuatu. Pokoknya user friendly banget. Sudah pasti orang-orang yang pernah berkunjung ke web Anda akan merasa puas.

Ditambah lagi jika Anda memiliki konten yang luar biasa. Bermanfaat. Enak dibaca. Isinya daging semua. Niche-nya juga jelas.

Iya sudah.

Ini sudah jelas. Web Anda berpotensi akan di-bookmark. Diingat untuk kemudian hari akan dijadikan referensi kembali. Pengunjung Anda akan dengan senang hati untuk berkunjung lagi suatu hari nanti.

5. Sumber Pendapatan Meningkat

Trafik dari sebuah web adalah urat nadi dari pendapatan Anda di internet.

Sudah pasti!

Mau apapun bisnis Anda. Mau seperti apapun cara Anda menghasilkan uang dari web Anda. Anda tidak akan mendapatkan uang jika Anda tidak berhasil dapatkan trafik atau kunjungan.

Semakin Anda baik dalam menemukan trafik maka semakin baik pula bisnis Anda. Maka meningkatan performa kecepatan web dan hosting Anda adalah salah satu faktor yang sangat perlu dipertimbangkan.

Banyak hal memang yang mempengaruhi web Anda supaya bisa dapat banyak trafik. Selain dari optimasi SEO. Optimasi kecepatan website ini tetap perlu menjadi prioritas.

Dari segala macam upaya yang Anda lakukan. Pada akhirnya akan berdampak pada penghasilan Anda tentunya.

Lalu…

Bagaimana Caranya Membuat Web yang Cepat?

Cara meningkatkan kecepatan web server hosting
Source : Pexels

1. Optimalisasi desain web Anda

Ini bukan hanya soal tampilan yang bagus dan ciamik. Meski memang estetika juga penting.

Namun hal lain yang lebih perlu Anda prioritaskan adalah seberapa optimal desain web yang Anda gunakan. Dalam hal penggunaan gambar yang sudah teroptimasi ukurannya. Penulisan baris kode yang efektif. Penggunaan CSS dan JS yang sederhana.

Atau menggunakan fitur-fitus seperti CDN (content delivery network), cloud hosting, speed caching dan lain sebagainya.

Pastikan web Anda di desain dengan struktur yang tertata rapi, ringan dan responsif.

2. Gunakan server hosting terbaik

Nah, poin kedua ini tak kalah penting. Sekalipun Anda punya desain web yang sudah sangat optimal. Jika tidak didukung dengan kualitas server hosting yang baik. Maka hasilnya bisa jadi percuma.

Ini tentang seberapa tangguh server yang Anda sewa untuk mengirimkan konten web Anda ke layar peramban para pembaca dari seluruh dunia.

Jika ternyata server hosting Anda lemot, habislah sudah.

Maka sedari awal ketika akan membangun sebuah website. Anda harus sudah riset terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih layanan hosting yang tepat dan tangguh.

Tepat yakni sesuai dengan budget dan fitur yang Anda cari. Tangguh dalam hal merespon permintaan akses dari pengunjung. Dalam hal kecepatan harus oke. Pun tidak mudah mengalami downtime. Ini sangat penting

Salah satu web yang bisa Anda jadikan tempat untuk mencari referensi tentang layana hosting adalah Bitcatcha.

Disana ada banyak ulasan seputar hosting, vpn, membangun web, sampai tentang menghasilkan uang dari internet pun ada.

Test kecepatan hosting bitcatcha
test kecepatan hosting chaidir.web.id

Juga bagi Anda yang sudah terlanjur berlangganan hosting. Anda bisa test kecepatan hosting Anda bagus atau tidak dari Bitcatcha.

***

Mudah-mudahan artikel ini sedikit bisa membantu Anda. Jika ada pertanyaan atau yang perlu didiskusikan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar atau hubungi saya lewat halaman kontak.