Jadi begini teman-teman, hari ini saya mau latihan menulis. Bukan tulisan yang rumit. Saya akan coba buat tulisan yang santai saja. Mudah-mudahan masih enak untuk dibaca.

Saya sedang mencoba sesuatu. Eksperimen. Atau lebih cocok disebut testing mungkin. Apa kah itu?

Beberapa waktu lalu saya baru punya iPad Mini 5. Baca ceritanya disini : “Pilih Samsung Galaxy Tab, Mi Pad atau iPad?

Dan hari ini saya sedang menulis konten blog dengan menggunakan tablet —lagi. Tulisan saya yang kemarin juga ditulis dari tablet. Baca : “Berburu Tiket Pesawat Murah Promo Liburan Akhir Tahun”.

Bedanya kalau sekarang percobaannya dengan tambahan menggunakan perangkat keyboard bluetooth. Bukan barang baru sih. Jauh sebelum saya pakai tablet, keyboard ini sudah ada.

Nah, saya baru sadar tadi ternyata dari segi ukuran mereka sangat cocok. Mungkin memang jodoh.

Bagaimana rasanya ngeblog pakai tablet + keyboard bluetooth?

Keyboard di layar ipad mini 5 menutupi tampilan aplikasi

Keyboard layar menutupi tampilan aplkasi

Lebih enak pakai papan ketik bawaan yang di layar. Ukuran tombolnya gak terasa sempit. Jarak antar tombol terbilang cukup gak bikin mudah typo. Hanya saja kekurangannya kalau sedang ngetik di layar, tampilan aplikasi yang kita buka jadi berkurang. Kepakai untuk menampilkan keyboard.

Kalau dengan keyboard bluetooth gini layarnya bisa tampil full. Persis seperti kita buka laptop. Ini kelebihannya.

Kekurangannya, dari ukuran iPad Mini 5 sendiri yang hanya 7,9 inchi. Jauh lebih kecil dari notebook 10 inchi yang dulu pernah saya punya. Apalagi kalau dibanding dengan besarnya keyboard laptop ukuran 14 inchi. Sudah jelas jauh banget lah. Jarak jari disini jadi terasa lebih sempit.

Alhamdulillah ukuran jari saya medium. Kalau big size?

Untuk ukuran saya saja, sepertinya perlu adaptasi yang lumayan lama. Itu pun kalau saya masih niat untuk lanjut pakai keyboard bluetooth ini lagi besok. Kalau sering typo terus mending gak usah pakai ginian. Cepat ngetiknya enggak, malah kesalnya sih iya.

Kekurangan berikutnya adalah entah kenapa saya berasa ada beberapa kali missed. Seperti saat pencet tombol spasi. Sering seperti gak kepencet. Apa hanya karna kurang tekan atau emang beneran belum kepencet.

Dugaan saya karna faktor koneksi bluetooth yang kurang begitu lancar. Bisa jadi. Kalau iya, gak heran sih namanya juga keyboard bluetooth yang murah meriah.

Keyboard bluetooth murah meriah shopee

Saya belum ada niat untuk beli keyboard bluetooth yang mahalan —saat ini. Lagian juga untuk seri tablet Apple, iPad Mini 5 ini gak support smart keyboard folio. Paling juga kalau mau beli yang keyboard universal seperti dari merk Logitech. Kualitasnya udah lumayan bagus.

Yang saya pakai ini merk apa ya? Gak jelas. Bungkusannya aja kotak putih polos doang.

Dari segi fungsi sebenarnya keyboard ini cukup oke. Bisa pakai fungsi CTRL, capslock, tab, alt, shift. Untuk tombol alt disini keren, bisa munculin beberapa simbol. Seperti ∆, ˚, ©, ®, √, Ω dan lain-lain.

Tombol fn juga punya fungsi keren untuk copy, cut dan paste. Bahkan bisa besar atau kecilin volume audio dari tabletnya. Fitur lock-unlock juga bisa dari keyboard ini langsung. Jadi gak perlu pencet tombol tablet-nya lagi. Kejauhan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan hari ini, percobaan menulis blog dari perangkat tablet dengan menggunakan keyboad bluetooth wireless ini bisa dibilang masih perlu belajar lagi. Perlu adaptasi penempatan jari dengen kecilnya tombol di papan ketik.

Harus latihan lagi dan butuh ekstra sabar kalau memang mau lanjutin pakai keyboard bluetooth ini. Ngetik tulisan 525 kata ini saja mesti pelan-pelan. Mau habisin waktu berapa lama.

Capeknya sering typo giliran mau benerin … cari tombol backspace …

eh malah salah pencet lagi. Bukannya kehapus malah nambahin salah berkali-kali. Begitulah.

Kalau sudah bisa lancar ngetik pakai keyboard bluetooth ini pasti keren. Mudah-mudahan bisa. Mau cobain?