Sebagai salah satu bentuk syiar yaitu dengan membuat konten-konten dakwah di sosial media. Tidak melulu memposting foto-foto narsis. Akan lebih baik digunakan untuk berbagi sesuatu yang lebih bermanfaat ketika dilihat oleh pengguna sosmed. Contohnya adalah membuat konten video murottal quran.

Dengan begitu harapannya semoga semakin banyak yang cinta akan bacaan Quran. Yang tadinya jarang dengar Al-Quran, sewaktu lagi scroll timeline di IG muncul postingan murottal Quran. Jadinya ikut dengerin. Yang tadinya gak pernah baca Quran bisa saja mudah-mudahan Allah kasih hidayah. Jadi pengen baca Quran. Yang gak hafal jadi pengen menghafal. MasyaaAllah..

Namun jangan sebaliknya. Cuman sekedar karna pengen ikut-ikutan buat konten. Kontennya video murottal tapi yang buat konten malah malas-malasan baca Quran. Minimal antum juga harus rutin baca Quran setiap hari. InsyaaAllah..

Baiklah, pada tulisan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara yang saya lakukan untuk membuat sebuah konten video murottal. Contohnya bisa dilihat dari instagram @Chaidir15.

https://www.instagram.com/p/B4YV4_tpttI/?igshid=1ku41jda4hnhc

***

Dulu diawal-awal saya masih menggunakan aplikasi KineMaster. Yang premium tapi…

…bajakan alias versi Mod. Ada banyak di google.

Kemudian saya merasa bersalah. Buat konten dakwah tapi malah pakai tools yang tidak bener cara dapatinnya. Semoga Allah ampuni kekhilafan saya yang lalu.

Alhamdulillah berikutnya saya bisa mempunyai perangkat tablet iPad mini 5. Dan saya putuskan untuk beli aplikasi editing video secara resmi dari AppStore. Saya gunakan aplikasi LumaFusion. Semoga dengan tools ini kedepannya Allah senantiasa mudahkan. Agar saya bisa tetap konsisten membuat konten-konten positif yang lebih bermanfaat buat banyak orang. Begitupun juga dengan teman-teman sekalian.

Langsung saja mari simak tutorialnya.

Cara Membuat Video Murottal dengan Spectrum Layar iPhone

Cari Audio Murottal

Bisa dari IG atau Youtube. Gunakan aplikasi TubeMate atau web savefrom.net untuk mengunduh video. Lalu nanti convert ke format mp3. Bisa menggunakan aplikasi MP3 Video Converter atau yang lainnya. Jika audio sudah berformat mp3 atau m4a maka lebih mudah —bisa skip langkah download dan convert.

Pastikan durasi audio maksimal 1 menit. Jika sumbernya dari youtube dan durasinya masih panjang maka lakukan cutting audio terlebih dulu. Caranya bisa gunakan aplikasi Lexis Audio Editor. Jika sudah lanjut ke langkah berikutmya.

Rename Audio Murottal

Dengan format [nama qori] – Surah [nama surah] [ayat].mp3 agar lebih seragam saat nanti dimainkan di avee player.

Cari Gambar Qori

Gunakan google pencarian gambar. Ketik nama qori. Atau jika tidak ada gunakan gambar lain. Gunakan aplikasi bawaan Photos atau Albums untuk lihat gambar lalu edit. Potong gambar dengan ukuran 1:1.

Edit Gambar dan Tags Audio

Gunakan aplikasi Album Art Changer. Pilih audio murottal > tap tombol pensil > Choose from Gallery. Pilih gambar qori yang sudah disiapkan. Tap kembali tombol pensil > Edit Tags. Isi kolom Title dengan format judul sebelumnya. Yang lainnya boleh diisi juga (opsional). Formatnya Album isi Murottal Quran. Artist isi dengan nama qori. Album Artist isi dengan akun instagram.

Buat Video Audio Player Spectrum

Buka aplikasi Avee Player lalu pilih audio murottal yang akan dijadikan sebagai video murottal. Cari audio dari menu > Library. Tap tombol search dan ketikkan judul audio murottal. Setelah muncul tap pada judul untuk memutar audio. Lalu tap pada ikon menu > Visualizer. Sekarang tampilannya sudah berupa audio player dengan spectrum bar dan tulisan judul berjalan. Jika belum Anda harus pilih template visualizernya terlebih dulu.

Tap pada ikon Export untuk menyimpan audio menjadi video murottal player. Pastikan setting video width dengan nilai 720, video height dengan nilai 1440, framerate 30 fps, video bitrate 5.0 Mbps, audio bitrate 256 Kbps. Lalu rename video untuk memudahkan pencarian nantinya (opsional). Ubah folder Destination atau biarkan default yang penting ingat lokasi foldernya ada dimana. Tap Export dan tunggu hingga selesai.

Copy Video dari Android ke iPad

Temukan video avee player hasil export tadi lalu pindahkan ke iPad. Bisa gunakan OTG micro to USB dan Adapter Lightning to USB. Taruh video di folder LumaFusion > User Media > Shared. Atau samakan dengan lokasi video avee player lainnya. Agar penyimpanan file lebih terorganisir.

Copy Teks Quran Terjemahan

Siapkan teks quran dan terjemahan. Bisa gunakan aplikasi Quran yang support copy text (belum ada yang cocok). Cara lain bisa menggunakan browser. Buka situs Quran Online seperti litequran.net > pilih surah yang sesuai dengan audio murottal. Cari ayat yang akan digunakan lalu select dari ayat awal sampai akhir. Misal ayat 6-14 maka select dan copy bagian tersebut sekaligus.

Copy subtitle video murottal dari litequran net

Rapikan Text Quran Terjemahan

Buka aplikasi Notes. Untuk notes di iPad baris pertama adalah judul. Jadi ketik saja judul misal nama surah. Kemudian enter dua kali baru paste-kan teks dari litequran.net tadi. Bisa dirapikan dulu. Tambahkan nomor ayat pada teks quran dan terjemahan. Untuk teks quran taruh cursor di bagian awal ayat —paling kanan. Ketik spasi satu kali lalu ketik nomor ayat. Nomor ayat tersebut akan pindah ke posisi akhir ayat di sebelah kiri.

Buat Project Baru

Buka aplikasi LumaFusion. Gunakan project sebelumnya sebagai template. Jika belum ada baca tulisan ini sampai akhir untuk cara mendapatkannya. Buka menu project baru demgan tap tombol ikon [+] di pojok kiri bawah. Lalu pilih salah satu project Murottal IG, duplicate —tombol dengan ikon [+] berlapis.

Sequence project di lumafusion tutorial membuat video

Editing Video Murottal IG menggunakan Aplikasi LumaFusion

Langkah pertama – Ubah Keterangan Nama Surah dan Ayat

Ubah keterangan nama Surah, dan nomor ayat. Pilih layer kedua dari atas — Plain-White. Kemudian edit layer dengan tap dua kali atau tap ikon pensil. Pilih teks mana yang mau diubah. Misal nama surah Al-Ma’aarij. Tap pada ikon pensil untuk mengubah teks. Begitu juga untuk keterangan Quran Surah keberapa dan ayat keberapa. Jika sudah tap ikon panah kembali — di pojok kanan atas.

Membuat subtitle video murottal instagram chaidir15

Langkah kedua – Memasukkan Video Clip Murottal

Hapus video clip murottal — yang ada di layer ketiga. Yang dibagian awal layer ketiga durasi 0:06 detik adalah clip thumbnail. Bagian itu biarkan saja. Yang posisinya setelah clip murottal yang dihapus dan gantikan dengan video clip murottal yang baru — hasil export dari avee player tadi. Yang dilingkar warna hijau. Tap tahan lalu tarik ke posisi video clip murottal.

Cara membuat video instagram murottal iphone

Tanda panah merah diatas menunjukkan hubungan layer dengan tampilan preview video. Layer kedua untuk keterangan nama surah. Layer ketiga untuk video clip murottal (yang tampilannya di layar iPhone). Layer keempat adalah subtitle quran dan terjemahan. Ketiga layer ini yang akan kita editing.

Tap dua kali pada video clip murottal atau tap icon pensil untuk masuk ke layar editing. Nah disini, posisikan video clip agar tepat berada di atas gambar layar iPhone. Cropping bagian atas dan bawah. Gunakan rotate. Gunakan blending warna lighten. Jika sudah berhasil, nantinya pengaturan posisi ini bisa disimpan sebagai preset. Yang bisa digunakan lagi untuk project berikutnya.

Jika sudah punya preset gampang. Tinggal gunakan preset Murottal Player Right.

Template video murottal instagram chaidir15

Langkah ketiga – Tambah Clip Overlay Title

Kembali ke tampilan layar utama project. Hapus semua Overlay Title yang ada di layer empat. Kemudian tap ikon tanda bulat untuk menambahkan Overlay Title yang baru. Tap dua kali untuk masuk ke layar editing. Gunakan preset Murottal Subtitle Hafsh. Preset ini juga hasil dari custom. Jika belum ada iya harus buat dulu. Anggap saja Anda sudah punya.

Kembali ke layar utama. Atur panjang overlay title ini atau kita sebut saja clip subtitle. Pastikan agar sama dengan durasi dari video clip murottal. Tap dan geser bagian paling ujung kanan. Sesuaikan.

Langkah keempat – Cropping Clip Subtitle Ayat per Ayat

Lakukan cropping layar keempat atau clip subtitle murottal. Sesuaikan dengan timing dari audio murottal. Coba mainkan preview dan dengarkan. Pause sampai bagian akhir ayat dibacakan. Lalu crop –ingat hanya pada layar keempat. Lakukan hingga bagian akhir dari video clip murottal. Sembari cropping per ayat. Bisa tambahkan juga transition di setiap potongan subtitle ayat satu dengan ayat berikutnya. Ubah menjadi transition dip dengan durasi 0:16 atau terserah.

Tutorial lumafusion editing video murottal

Langkah kelima – Copy Paste Teks Quran dan Terjemahan

Lakukan editing pada masing-masing clip subtitle murottal —per masing-masing ayat. Salin teks Quran dari Notes lalu pindah ke LumaFusion tempelkan di layer teks Quran. Seperti yang ditunjukkan panah merah. Tap gambar pensil untuk mengedit teks Quran. Lakukan cara yang sama untuk teks terjemahan. Jika tampilan clip subtitle berubah jadi acak-acakan. Gunakan kembali preset Murottal Subtitle Hafsh. Lihat di kolom User Styles.

Cara membuat video spectrum instagram

Langkah keenam – Membuat Clip Thumbnail

Kembali ke layar utama editing. Posisikan frame di bagian awal video clip murottal. Lalu tap pada ikon share yang di pojok kanan bawah. Pilih Snapshoot. Lalu buka folder Photos dan drag dengan tarik gambar hasil snapshoot ke layer pertama. Atur durasinya menjadi 0:06 detik. Lalu hapus clip thumbnail sebelumnya dan ganti dengan clip thumbnail yang baru —gambar snapshoot tadi.

Tutorial membuat video murottal lumafusion

Oke sampai disini sudah selesai.

***

Pastikan dibagian akhir sequence panjang setiap clip antar layer sudah sama. Jika belum tinggal geser sesuaikan. Yang jadi patokan adalah panjang dari video clip murottal.

Untuk menyimpan video, tap pada ikon share di pojok kanan bawah. Pilih Movie > Rendered Movies Folder. Biarkan default hanya ganti untuk video quality menjadi Web (3Mbps). Untuk di-share ke Instagram maka tidak perlu yang kualitasnya terlalu tinggi. Jika sudah tap ikon share yang di pojok kanan atas. Tinggal menunggu proses rendering selesai.

Setting rendering video murottal lumafusion

Yang Anda butuhkan agar bisa praktek adalah :

⁃ Perangkat Android Smartphone

  1. Avee Player App
  2. MP3 Video Converter App
  3. Lexis Audio Editor App
  4. TubeMate App / Browser open Savefrom.net
  5. Template Visualizer Murottal Player
  6. Album Arts Changer App

⁃ OTG Micro USB Adapter

⁃ Perangkat iOS IPad / iPhone

  1. LumaFusion App
  2. Notes App
  3. Browser open LiteQuran.net
  4. Font KFGQPC Uthmanic Script HAFS Regular
  5. Template Project Murottal IG
  6. Preset position Murottal Player
  7. Preset title Murottal Subtitle Hafsh

⁃ Lightning Camera Adapter

****

Dari list diatas hanya nomor 5 yang mungkin Anda belum punya. Pilihannya Anda bisa coba buat sendiri dulu. Atau kalau mau yang mudah —siap pakai— maka Anda bisa email saya. Nanti akan saya kirimkan secara personal yaitu Template Visualizer Murottal Player (untuk digunakan di Avee Player) dan Template Project Murottal IG (untuk proses editing di LumaFusion). Namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Hehe..

Proses membuat template dan preset itu bisa lama. Apalagi kalau tidak ada comtoh sama sekali, membuat konsep tampilan baru maka butuh coba sana coba sini. Belum tentu berhasil. Belum tentu bagus. Jelek edit lagi. Kurang sreg edit lagi. Sampai akhirnya terasa cocok.

Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba!