Sekarang ini semakin banyak orang yang senang berpergian. Liburan jalan-jalan ke suatu tempat. Sebutan kerennya traveling. Bersama keluarga tercinta. Teman-teman dekat. Atau rekan kerja se-kantor. Atau malah sendirian…

… yakin jalan-jalan sendirian? XD

Travel blogger pun semakin banyak pula bermunculan. Termasuk saya. Blog ini kedepan rencananya juga akan bahas konten seputar traveling. InsyaaAllah.

Mungkin karna sudah semakin mudah ya. Mau pesan hotel mudah. Pesan transportasi online mudah. Beli tiket pesawat, kereta, bus juga mudah. Semuanya tinggal klik-klik dari smartphone.

Aplikasi travel pun banyak. Tinggal pilih. Tiap aplikasi menawarkan kelebihan masing-masing. Tiap hari ada promo menarik. Bisa dapat harga lebih murah juga.

chaidir web liburan ke bogor traveling

Liburan ke bogor (foto:dokpri)

Jadinya setiap orang punya kesempatan berliburan dengan mudah…

… asal punya budget yang cukup.

Saat Anda berlibur pasti butuh penginapan. Menginap di hotel. Untuk istirahat malam harinya. Atau ada juga yang memang tujuan utamanya sekedar menginap di hotel. Asyik juga.

Menurut pengalaman saya pribadi. Ada beberapa hal menarik yang rasa-rasanya buat saya pengen lagi menginap di hotel. Mungkin juga Anda merasakan yang sama.

Bagi yang belum pernah. Barangkali biar makin pengen. Besok nyobain ya. Mudah-mudahan siapa tahu Anda dapat tawaran dari kantor atau dari event sponsor.

1. Kamar Tidur yang Nyaman

kamar tidur nyaman menginap di hotel

pexels.com/Terry Magallanes

Seperti fungsi utamanya. Hotel biasa digunakan untuk istirahat malam — tidur. Setelah siangnya puas beraktivitas. Jalan-jalan keliling tempat yang dikunjungi. Malamnya pasti butuh istirahat yang nyaman.

Di hotel –apalagi yang diatas bintang empat– kita bisa benar-benar merasakan kamar tidur yang nyaman. Sampai esok paginya, terkadang mau bangun dari tempat tidur pun malas.

Tempat tidurnya empuk. Jika perbandingannya dengan kasur yang di rumah saya. Wuih, jelas terasa bedanya. Gak bikin pegal badan.

Yang jadi ciri khas. Mulai dari spreinya, quilt cover –atau yang biasa dipakai buat selimut– dan sarung bantal. Umumnya warna putih. Dilihatnya juga enak.

Kalau bersih kelihatan bersihnya. Cuman kalau pas ada noda dikit, iya itu jadi langsung kelihatan kotor.

Juga dilengkapi AC (Air Conditioner). Bikin tidur lebih nyaman. Apalagi kalau di rumah biasa tidak pakai AC. Pasti langsung merasakan perbedaannya. Ada yang makin nyenyak. Ada juga yang malah masuk angin.

2. Mandi Air Hangat pakai Shower

mandi air hangat pakai shower

publicdomainpictures.net

Ini juga menyenangkan. Menginap di hotel, kita bisa mandi air hangat pakai shower. Balik lagi. Alasannya mungkin karna di rumah belum punya yang beginian. Jadi rasanya wah.

Bagi yang punya anak kecil –balita– biasanya butuh air hangat. Untuk mandikan si kecil. Kasihan kan kalau sampai kedinginan. Maka fasilitas ini menjadi penting.

Beberapa hotel ada yang air hangatnya cepat. Langsung bisa dipakai. Ada pula yang terkadang harus menunggu dulu. Paling sekitar 1-2 menit. Untuk water heater-nya bekerja memanaskan air.

3. Berendam Lama di Bathtub

Bathtub Mandi Menginap di Hotel

pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Biasa di rumah mandi sambil berdiri. Atau sambil jongkok malah. Sewaktu menginap di hotel bisa mandi sambil tiduran. Mantap kan? Asal jangan ketiduran beneran.

Fasilitas bathtub ini tidak semua hotel menyediakannya. Jadi, kalau Anda pengen nyobain –gimana rasanya– mandi di bathtub. Saat reservasi hotel, pastikan fasilitas ini ada atau tidak.

anak mandi pakai bathtub

pexels.com/Henley Design Studio

Enaknya mandi di bathtub itu apa ya?

Apa mungkin karna keingat dulu waktu kecil. Sering di mandiin dalam ember.

Menurut teman-teman? Tulis di kolom komentar ya.

4. Menonton TV Siaran Luar Negeri

menonton tv di hotel

whereisant.net

Kalau di rumah biasa pakai TV antena. Cuman bisa nonton siaran tv lokal. Yang kebanyakan sinetron, infotainmet dan acara-acara alay. Atau berita-berita yang membosankan.

Saat menginap di hotel kita bisa menikmati siaran-siaran TV luar negeri. Pakainya tv kabel berlangganan. National Geographic, Al Jazeera, Discovery Channel, Disney Channel, Bein Sport, FOX dan lainnya.

Mau stay di kamar hotel seharian juga gak bakal bosen. Bagi yang hobi nonton sih.

Saya jarang nonton tv –lebih seneng liat youtube– jadinya terkadang malah sama sekali gak nyalain TV. Sebagai penggantinya, yang saya cari di hotel itu WiFi gratisnya. Lumayan.

5. Sarapan Pagi Gratis — Prasmanan

sarapan buffet menginap di hotel

maritim.com

Beberapa hotel menyediakan sarapan pagi di restoran hotel.

Ada juga yang boleh pilih. Pesan kamar saja atau mau yang sudah include sarapan. Bisa sesuaikan kebutuhan.

Jadi sebenarnya bukan sarapan gratis ya. Tetap bayar. Bayarnya sudah digabungin saja saat pesan hotel. Sewaktu di restorannya nanti udah gak bayar lagi.

Ada yang gak milih sarapan di hotel. Mungkin mau menghemat budget. Atau sudah bosan makan di hotel. Pengen cobain wisata kuliner di daerah sekitar.

Enaknya sarapan di hotel. Bisa makan sepuasnya –asal gak malu saja. Ngapain malu juga ya. Memang fasilitas kok. Sudah bayar. Malah rugi kalau gak dinikmatin. Asal gak minta dibungkus saja –buat dibawa pulang.

Ada kopi, teh, susu? Cobain.

Ada jus? Cobain.

Menu utamanya ada nasi goreng. Cobain.

Nasi putih pakai daging, ayam. Cobain.

Buah-buahan? Cobain.

Roti panggang, sosis, cake? Cobain.

Ada apa lagi?

Pokoknya jangan sampai ada satu menu pun yang terlewat. Heheh..

Enak kan yaa. Sarapan di restoran hotel.

Maklum. Biasa makan enak kalau pas kondangan saja. Jadinya gini.

Itu kalau sarapannya prasmanan. Istilahnya buffet. Kalau dapatnya cuman nasi goreng telor dadar. Ada juga. Atau sarapan ala carte. Ada juga. Porsinya gak bisa bebas semau kita.

6. Puas Mandi di Kolam Renang

mandi di kolam renang hotel

pexels.com/pixabay

Menginap di hotel yang ada fasilitas kolam renangnya. Saya pribadi, kalau tujuannya untuk liburan. Seringnya cari hotel yang ada kolam renangnya.

Kalau untuk sekedar menginap tidur cari yang low budget saja sudah cukup. Tapi jangan salah. Terkadang ada juga hotel yang harganya murah sudah ada fasilitas kolam renang. Soal harga kan relatif.

Bisa puas renang.

Karna gak seperti kolam renang umum yang diluaran sana. Kalau itu kan pasti rame. Di hotel seringnya sepi. Sampai kadang saya merasa sungkan.

“Ini beneran boleh renang gak ya?”

Karna gak ada orang. Berasa seperti kolam renang pribadi.

Meski gak bisa renang. Gak papa. Nyemplung aja. Setidaknya sekedar basah-basahan. Memanfaatkan fasilitas yang ada.

Apalagi kalau bawa anak-anak. Mereka pasti senang dan bakalan betah. Anak saya repot kalau udah masuk kolam renang. Sampai nangis gak mau udahan.

Yang penting tetap dalam pengawasan.

7. Bermesraan di Kamar Hotel Dengan Pasangan

bulan madu dengan pasangan di hotel

marketing.co.id

Nah ini, bagian yang paling menarik.

Maaf, untuk pembaca yang masih jomblo. Sebaiknya skip ke poin berikutnya.

Momen bulan madu dengan pasangan saat menginap di hotel. Pengalaman dan suasana yang menyenangkan. Kondisi kamar yang nyaman. Dingin. Berduaan dengan pasangan. Sangat mendukung. Kurang apalagi?

Saatnya memulai adegan yang romantis.

Pakai baju piyama atau bathrobe yang disediakan hotel — kalau ada. Agar lebih terlihat menarik.

bermesraan di kamar hotel suami istri

Bermesraan di kamar hotel (foto:dokpri)

Selanjutnya?

Silahkan berimprovisasi masing-masing. Berikan yang terbaik untuk pasangan Anda. Diakhir nanti, Anda bisa tutup dengan mandi bersama. Mantap kan?

Jika memang niatnya untuk jalan-jalan. Liburan bersama istri dan keluarga. Maka momen yang satu ini sebaiknya jangan sampai terlewatkan.

Bermesraan antara suami dan istri. Selain merupakan sunnah –bernilai pahala– manfaat yang lainnya pun juga banyak.

8. Spot Foto yang Instagramable

hotel instagramable

instagram.com/summerbirdhotel

Jalan-jalan kalau gak foto-foto berasa ada yang kurang. Minimal untuk dokumentasi pribadi. Atau yang narsis biasanya untuk update di sosial media.

Beberapa hotel ada yang desainnya sangat instragamable. Hotel ini cocok untuk Anda yang senang upload foto-foto kece di instagram.

Seharian explore sekitaran hotel saja, juga gak masalah. Suasana dan desain hotel yang menarik tentu bikin betah.

Bisa jadi bahan inspirasi juga. Desain interiornya. Barangkali nanti –suatu saat– Anda mau renovasi rumah. Ide-ide dari menginap di hotel seperti ini bisa Anda gunakan.

Sebagai contoh yang pernah saya kunjungi. Blackbird Hotel. Di Bandung. Barangkali mau tahu keseruannya seperti apa. Silahkan lihat di video berikut ini :

Atau seperti :

  • Begreno Home Boutique Resort, Bogor
  • Oliver’s Hostelry, Bandung
  • Summerbird Bed & Bresserie Hotel, Bandung
  • dan lainnya

9. Bawa Pulang Sendal Hotel

bawa pulang sendal hotel

thesun.co.uk

Poin menarik yang terakhir.

Setiap menginap di hotel biasanya selalu disediakan sendal hotel. Mungkin beberapa ada yang gak dapat. Umumnya ada. Atau mesti diminta dulu baru dikasih.

Ada yang disediakan dua pasang. Ada yang cuman satu pasang. Kalau cuman sepasang. Pakainya gantian yaa. Jangan rebutan. Atau mungkin yang sepasangnya lagi kelupaan.

Sendal hotel boleh dibawa pulang. Lagian juga tipis. Kalau buat dipake jalan-jalan keluar gak bakal tahan lama. Mudah sobek.

Seringnya saya bawa pulang.

Bukan karna gak punya sendal. Padahal di rumah juga gak kepakai. Sesekali aja kalau iseng.

Mungkin bawa pulangnya untuk dijadiin semacam barang cendramata. Terus dikumpulin. Ini dari hotel A. Ini dari hotel B. Ini dari hotel Z.

Supaya apa? Gak penting juga.

****

Baiklah.

Tulisan ini ternyata sudah cukup panjang. Kalau ada yang selesai baca dari awal sampai akhir. Saya sangat salut kepada Anda. Kebanyakan orang –seringnya– cuman baca beberapa paragraf awal saja.

Kira-kira pengalaman menarik apa lagi ya yang lainnya? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

Menurut teman-teman poin nomor berapa yang paling bikin pengen kembali lagi menginap ke hotel?