cover-facebook-2015

Awal ngeblog dulu saya hampir sering juga gonta-ganti template . Dan yang biasa saya lakukan selanjutnya adalah mengotak-atik tampilan template tersebut sesuai dengan selera. Namun karna masih awam, palingan saya cuman bisanya nambah widget atau sedikit mengoprek bagian HTML. Baru bisa gitu aja, saya pikir udah cukup lumayan. hehehe

Mungkin pun juga Anda pernah mengalami hal serupa. Seiring berjalannya waktu, kemudian ada muncul rasa ingin untuk membuat sebuah tampilan yang unik dan berbeda dari yang lain. Untuk bisa seperti itu tentu kita harus bisa membuat template sendiri, kan? Dan modalnya adalah kita harus memahami struktur dasar dari bahasa HTML. Walaupun template dalam format XML. Tapi iyaa tidak jauh beda prinsipnya.

bagaimana-cara-membuat-template-

Lewat tulisan ini kita akan belajar sedikit dari apa yang sudah pernah saya pelajari. Yaa walaupun saya belum pernah belajar coding lewat pendidikan formal gitu. Tapi setidaknya saya akan berbagi dari apa yang sudah pernah saya coba sendiri.

Memahami Struktur Elemen Template Blogger

Untuk lebih memudahkan kita melihat seluruh bagian yang ada pada template , ada baiknya Anda memakai aplikasi Notepad++ atau Dreamweaver dsb. Login ke akun Blogger, buka menu edit Template. Lalu setelah terlihat kode-kode template yang Anda gunakan, copy dan paste-kan ke halaman baru Notepad++ Anda. Ini bisa menjadi backup dan juga untuk bahan belajar Anda. Save As kedalam format XML.

Disina Anda akan melihat sejumlah barisan kode-kode yang rumit. Bagi Anda yang masih asing dengan bahasa HTML pasti bingung membacanya, bukan?

Nah, yang perlu kita pahami adalah bahwa itu semua hanyalah kumpulan dari beberapa tag/elemen saja. Ibaratkan sekolahan, ada beberapa kelas, terus per kelas ada lagi beberapa murid dan guru. Belum lagi yang diluar kelas. Yaa seperti itulah. Jadi jangan khawatir dan langsung mem-block diri bahwa ini bakal susah. Kalau dilihat satu per satu pasti lebih mudah.

Umumnya setiap tag memiliki format penulisan seperti ini:

Selalu ada tag pembuka dan wajib pula ada penutupnya.
Walaupun ada juga yang ditutup langsung. Seperti ini:

Kalau di Notepad++ saya biasanya menekan alt + 0 untuk menutup semua tag yang ada pada HTML tersebut. Dengan begitu kita akan lebih mudah melihat struktur tag elemen apa saja yang ada pada template. Oke, coba perhatikan template Anda. Kita akan coba pelajari setiap bagian-bagian kode yang terdapat didalamnya. Supaya mudah bukalah satu per satu setiap barisnya. Caranya dengan meng-klik tanda [+] di bagian paling kanan setiap baris.

Ternyata setiap template umumnya hanya memiliki dua bagian utama saja.

Yang dimana mereka berdua wajib berada didalam tag milik <HTML>. Kira-kira format sederhananya akan tampak seperti ini:

membuat-template--bagian-head-body

Apakah yang ada dibaris awal berbeda dengan template yang Anda gunakan? Kalau iyaa nanti sebaiknya dirubah saja. Karena untuk bisa membuat template yang Valid HTML5 kita pakai yang seperti digambar.

Oke, saya rasa cukup sampai disini dulu saja. Nanti kalau kepanjangan saya takut Anda menjadi cepat bosan dan malas membaca tulisan ini. Ditulisan berikutnya akan kita lanjutkan lagi. Sebagai PR coba pelajari dulu template Anda sendiri. Lihat ada tag apa saja di dalam head dan ada apa saja yang di dalam body. Kalau membaca template yang udah jadi aja masih malas, gimana mau buat template sendiri?

NEXT!! Episode ke-2
Penggunaan Tag Head dan Body pada Template Blogger.

11 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Dapat Peringatan Pertama Akun 4Shared, Hati-hati Melanggar Hak Cipta
Belajar Menjadi Seorang Pengusaha
Close