cover-facebook-2015

Teringatnya saya belum pernah menulis artikel tutorial tentang WordPress di blog Chaidir.Web.ID ini. Mungkin karna emang saya lebih sering main di Blogspot. Tapi berhubung salah satu subdomain saya sudah ada yang menggunakan WordPress, jadinya saya pun mulai belajar lagi disini. Dan kemarin saya iseng-iseng memodifikasi tampilan untuk halaman admin WordPress. Di tulisan ini akan saya bagikan hasilnya. Siapa tahu sobat juga tertarik menggunakan desain tampilan dari saya.

Cara ini hanya bisa diterapkan untuk pengguna WordPress Self Hosting. Dan lebih cocok lagi jika dipakai untuk situs yang adminnya lebih dari satu orang. Seperti misalnya  situs komunitas, portal, forum, situs jaringan sosial dan lain-lain.

Modifikasi Halaman Dashboard dan Login WordPress

merubah-tampilan-cms-wordpress

Gambar diatas adalah tampilan halaman dashboard akun wordpress saya setelah saya modifikasi. Kalau tampilan yang aslinya sudah pada tahu kan? Aslinya itu dengan latar background putih, background menu disamping kiri warna hitam dan teks link berwarna biru. Untuk membandingkan coba lihat saja halaman dashboard kalian masing-masing.

Tampilan kedua yang saya rubah yaitu halaman ketika kita mau login.  Aslinya cuman background warna putih dan ada logo huruf W miliknya wordpress. Kemudian saya ubah backgroundnya menggunakan gambar pattern dan logonya pun saya ganti. Untuk di halaman login ini, tampilan bahasanya saya ubah jadi Bahasa Indonesia.

Sahabat bisa melihat hasilnya langsung lewat tombol di bawah ini. Kalau mau cek tampilan dashboard-nya juga boleh. Tapi iyaa kalian harus daftar dulu jadi member. Dan kalian bisa masuk sebagai contributor di blog saya.

Gimana tertarik? Kalau iya, silahkan simak baik-baik penjelasan berikut ini.
Kabar baiknya tampilan wordpress yang sudah saya modifikasi ini bisa kalian download secara GRATIS!

Jadi, selamat menikmati.

*****

Cara merubah tampilan halaman admin di WordPress

  1. Download file wordpress[modifikasi].zip. Untuk menampilkan link download silahkan klik terlebih dahulu salah satu tombol media sosial dibawah ini:
  2. Masuk ke cpanel hosting dan buka folder direktori situs kalian. Biasanya sih letaknya di /public_html
    upload-file-template-wordpress-modifikasi
  3. Klik upload dan pilih file yang sudah kalian download tadi. Gunakan pilihan upload berkas arsip .ZIP (supaya filenya bisa sekaligus terpasang).
  4. Klik tanda ceklis untuk memulai proses. Dan selesai!

Tampilan wordpress kalian sudah berubah. Saya membuat desainnya agak sedikit berbeda dengan saya gunakan. Sebenarnya supaya lebih mempermudah saja. Biar semuanya bisa cobain pakek.

Nanti saya juga akan beritahu bagaimana caranya untuk menyesuaikan tampilan ini dengan tema yang kalian inginkan. Sebelumnya saya akan beritahu dulu obat penawar dari trik ini. Sekiranya nanti kalian gak betah dan merasa pengen balikin tampilannya, silahkan ikuti saja cara mudah dibawah ini.

Cara mengembalikan tampilan WordPress ke semula

  1. Download file wordpress[original].zip. Klik disini untuk mulai download.
  2. Masuk ke cpanel hosting dan buka direktori situs kalian. 
  3. Klik upload dan pilih file yang sudah kalian download. Gunakan pilihan berkas arsip untuk format .ZIP
  4. Klik tanda ceklis untuk memulai proses. Dan selesai!

Sekarang tampilan wordpres kalian sudah berubah kembali ke tampilan awal. Yakin masih mau pakek tampilan lama ini, Sob? Saya sih bosan lihatnya. Mending pakek yang saya kasih diatas tadi aja deh. Tapi iyaa terserah kalian. Hehehe..

Menyesuaikan dengan tampilan tema blog

Untuk kalian yang sudah memilih untuk menggunakan desain tampilan modifikasi wordpress ini, kalian juga perlu mengetahui cara penggunaannya. Jadi nanti kalian bisa menyesuaikan sendiri tampilannya mau dibuat seperti apa jika memang dirasa perlu. Tapi disini saya cuman akan memberitahu trik yang sederhananya saja. Biar semuanya bisa praktek.

Simak dua point penjelasan terakhir berikut ini:

Mengganti Logo Situs CMS WordPress

Siapkan logo dengan ukuran 300×80 piksel. Simpan dan beri nama logo-header.png lalu upload ke dalam direktori  /public_html/wp-admin/images lewat cpanel hosting masing-masing. Gambar yang sebelumnya akan tergantikan dengan logo yang baru.

Mengganti Background CMS WordPress

Di tampilan yang saya berikan, saya menggunakan gambar pattern sebagai background. Kalian bisa menggunakan gambar lain sesuai selera masing-masing. Usahakan cari gambar dengan warna yang cerah. Karna pada dasarnya template ini saya atur untuk desain tampilan background warna putih.

Ukuran gambar bebas. Saya pilih yang kecil supaya loading-nya lebih ringan. Simpan gambar dan beri nama background.png lalu upload gambar tersebut ke dalam direktori /public_html/wp-admin/images menggunakan cpanel hosting masing-masing. Secara otomatis gambar yang lama akan tergantikan.

merubah-logo-di-halaman-login-wordpress

*****

Sekian tutorial singkat tentang bagaimana cara merubah tampilan bawaan CMS WordPress dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat buat yang membutuhkannya. Untuk yang tertarik pengen diskusi lebih lanjut bisa tinggalkan pesan lewat kotak komentar.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

28 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Perjalanan Pyramidium ke Masjid Al Musannif Cemara Medan
Tampilan Desktop Windows 8 Icon Minimalis
Close