cover-facebook-2015

selamat-hari--nasional

Blog adalah suatu media yang digunakan untuk menulis konten di dunia maya. Konten yang ditulis tentu bermacam-macam variasi, bergantung topik yang dipilih oleh narablog masing-masing. Mungkin ada blog yang isinya membahas tentang resep-resep masakan. Mungkin ada blog yang bahas seputar pelajaran atau dunia pendidikan. Mungkin ada blog yang bahas seputar musik, fotografi, desain dan lain-lain.

Ada juga yang sifatnya personal blog, dimana isi di dalamnya banyak membahas seputar cerita-cerita keseharian penulisnya sendiri. Yang bisa saja dari pengalaman itu bisa kita petik pula suatu ilmu yang bermanfaat. Jadi iyaa intinya kegiatan menulis blog itu memang bermanfaat. Apapun temanya, keberadaan suatu blog di dunia maya harusnya tidak boleh dianggap sepele.

Tanpa adanya , bisa jadi tidak ada sumber ilmu yang bertebaran lewat internet. Kalau misalkan yang ada hanya social media seperti Facebook dan Twitter saja, kemungkinan besar ilmu yang bisa kita peroleh dari internet masih sangat sedikit. Bisa jadi malah yang sering kita lihat hanyalah status-status yang isinya gak jelas. Walaupun memang pasti ada juga status yang isi pesannya sangat berkualitas.

Awal Mula Mengenal Kegiatan Ngeblog

Awal mula saya mengenal dunia blogging ini kira-kira sejak SMP (tahun 2009). Waktu itu memang saya cuman sebatas tahu-tahuan aja. Istilahnya masih dalam tahap pedekate. Saya masih belum begitu banyak mengerti tentang dunia blog.

  • Oh, ini yaa yang namanya blog. 
  • Jadi begini cara buat blog. 
  • Jadi begini cara mainin blog. 
  • Rupanya kalau punya blog kita harus mengisinya dengan tulisan-tulisan. 
  • Wah, ternyata ada yang berkunjung ke blog saya. 
  • Asyik nih bisa saling berkomentar di blog.
  • Wiih, keren juga bisa gonta-ganti tampilan blognya.

Seiring berjalan waktu saya pun terus belajar untuk bisa menjadi seorang beneran. Akhirnya, saya baru mulai ngerasa jadi yang ‘beneran’ itu baru-baru aja. Di tahun 2013 kemarin saya coba mulai serius membangun sebuah blog personal sendiri. Dari sini saya baru mulai komitmen untuk gak lagi menjadi copas.

Gimana pun juga jantung dari aktifitas blogging ini adalah menulis. Jadi kalau misal Anda kepikiran pengen punya blog tapi gak niat mau nulis, sama aja bohong. Blogger iyaa harus bisa menulis.

Kalau Anda menganggap ini sebagai suatu masalah, berarti Anda belum beneran siap menjadi seorang . Karna mestinya kalau kita serius pengen jadi , iyaa kita harus belajar juga supaya bisa konsisten menulis. Tulisan yang dibuat setidaknya mengandung makna dan memiliki stuktur penulisan yang baik.

Ngeblog Emang Mau Ngapain?

Jadi kalau disimpulkan, dunia blog ini sebenarnya sangat sederhana sekali. Secara garis besar kegiatan ngeblog memiliki 3 langkah utama, yaitu :

  1. Konten

    Buatlah tulisan-tulisan yang ada bermanfaat untuk orang lain. Bukan hanya tulisan, bisa juga berupa produk, tawaran, jasa dan lain-lain. Intinya harus ada value yang bisa kita berikan. Apapun bisa kita jadikan konten di blog. Tinggal lagi bergantung pada kreativitas kita masing-masing. Semakin kita rajin update konten di blog, semakin bagus. Kemampuan menulis kita pun juga bisa jadi semakin berkembang kan?

  2. Trafik

    Usahakanlah agar blog yang kita bangun didatangi banyak pengunjung. Setelah kita punya tulisan, setidaknya kita juga harus berupaya agar ada orang lain yang tahu dan mau mampir baca-baca di blog kita. Internet ini kan global, ada berjuta-juta tulisan lain yang berserakan di dunia maya. Lalu, gimana caranya supaya tulisan kita bisa terlihat? Caranya mungkin bisa dengan teknik SEO, memperbaiki template, atau meningkatkan kenyamanan pengunjung.

  3. Konversi

    Setelah punya konten yang bagus dan trafik yang tinggi barulah kita bisa mencari nilai konversi. Disini kita berupaya untuk bisa mengubah kedua hal tersebut menjadi hasil yang bermanfaat untuk kita sendiri. Misal dengan trafik kita bisa dapat dolar dengan memasang adsense. Dengan jago nulis kita dapat tawaran job review dengan harga jutaan. Atau bisa jga kita jualan produk ke pengunjung. Paling minimal kita bisa dapat pahala karna udah mau bagi-bagiin ilmu GRATIS di blog.

Sekiranya Anda belum punya blog dan ingin nyoba ngeblog, ada baiknya Anda memahami dulu ketiga langkah utama diatas. Banyak – yang dia sudah pengen ngeblog tapi pada akhirnya gak bisa bertahan lama. Karna iyaa itu tadi, mereka gak bener-bener tahu apa saja yang mau dilakukan dengan kegiatan ngeblog ini.

Solusi jitu yang bisa Anda pegang agar ketiga langkah diatas bisa berjalan lancar adalah :

  • Luruskan Niat untuk Serius Ngeblog
  • Jalin Persahabatan Sesama Blogger
  • Mantapkan Tujuan Apa yang ingin Dicapai

Selamat Hari Blogger Nasional

Sebenarnya tulisan ini saya buat dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional yang ke-7 bertepatan pada tanggal 27 Oktober 2014. Karna berhubung saya gak jago soal sejarah, jadinya saya cuman bisa nulis artikel seputar pengalaman ngeblog begini saja. Misalkan Anda pengen tahu lebih lanjut soal sejarah hari nasional, bisa coba cari-cari di Google.

Saya pribadi menganggap peringatan hari ini sebagai suatu momentum yang tepat bagi kita untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap dunia blog di Indonesia.

Yang tadinya sudah punya blog tapi lama gak terurus, yuk mulai aktif ngeblog lagi.

Yang tadinya cuman bisa copas karya tulisan orang lain, yuk mulai sekarang nulis sendiri.

Yang tadinya nulis blog isinya asal-asalan, yuk mulai belajar nulis yang lebih serius.

Yang tadinya cuman bisa baca blog orang, yuk mulai cobain buat blog sendiri!

Selamat Hari Blogger Nasional!
Mudah-mudahan di Indonesia semakin berkembang baik dan lebih banyak berkontribusi untuk memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat lewat dunia maya.

18 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Tips Cara Mengenali Gaya Ngeblog yang Asyik
Menggambar Sketsa Anime Orang Jenius
Close