cover-facebook-2015

Setelah kurang lebih tiga hari nge-coding. Akhirnya keinginan saya untuk membuat Theme WordPress sendiri tercapai juga. Alhamdulillah. Rasanya puas, seneng dan bahagia banget sob! Gimana enggak? Saya udah lama banget gak main wordpress. Dan sekarang baru mau nyoba lagi.

Dulu (pas awal-awal serius ngeblog) saya udah sempat juga test buat theme wordpress sendiri. Cuman kalau gak salah waktu itu saya ngambil kerangka dari template yang udah jadi. Terus saya modifikasi seluruh desain tampilannya sesuai yang saya mau. Hasilnya lumayan (jelek). Kalau kalian mau lihat, coba baca tulisan saya yang berjudul Metamorfosis menjadi Blogger. Masih sangat jadul.

 

Belajar Mengenal Fungsi Theme WordPress

Dan kemarin saya baru mulai nyoba belajar bahasa PHP (sedikit-sedikit). Tepatnya sekedar nyari tahu, seperti apa fungsi-fungsi yang berlaku dalam sebuah theme wordpress. Ini adalah modal awal yang sangat penting. Untuk bisa membuat sebuah template, tentu kita perlu mengetahui terlebih dahulu segala macam fungsi atau tag variabel seperti apa saja yang berlaku pada CMS yang kita gunakan.

Untuk platform Blogger sedikit banyak saya sudah menjelajahi bagian-bagiannya. Bagian yang saya maksud disini adalah semacam kode-kode yang biasa digunakan untuk memanggil data dari database. Pada dasarnya kan sebuah template ataupun theme wordpress itu menggunakan bahasa HTML.

Nah, cuman lagi kalau kita hanya membuat template dalam format HTML saja, yang bisa dibuat paling cuman halaman statis doang. Untuk membuatnya agar bisa berubah-ubah dan menampilkan beberapa macam kondisi, diperlukan penggunaan sistem database. Iyaa kira-kira seperti itu lah dasarnya.

Berikut ini beberapa macam contoh fungsi yang saya maksud :

Template Blogger Theme WordPress Fungsinya
<data:post.body/> <?php the_content(); ?> untuk menampilkan isi artikel blog
<data:blog.title/> <?php bloginfo(‘name’);?> untuk menampilkan judul blog
<b:if cond=’data:blog.pageType == “item”‘> <?php if ( is_single() ) { ?> conditional tag untuk halaman artikel
<b:loop values=’data:posts’ var=’post’> <?php if ( have_posts() ) while ( have_posts() ) : the_post(); ?> perintah pengulangan untuk menampilkan beberapa artikel blog
<a expr:href=’data:post.link’> <a href=”<?php the_permalink() ?>”> untuk memanggil tautan link artikel

Dan seterusnya. Masih banyak lagi yang lain. Untuk yang lebih lengkapnya, silahkan kalian coba cari tahu sendiri. Atau tunggu nanti kapan-kapan saya posting di blog ini.

Sekiranya kalian udah penasaran banget pengen belajar membuat tema wordpress sendiri, coba kalian jelajahi aja materi-materi yang ada di codex.wordpress.org. Sumber utama saya belajar iyaa dari sana. Ibaratnya itu adalah sekolah wordpress yang paling patut dipercaya. Walaupun mungkin penggunaan bahasa yang jadi masalah utama.

Nah, jika kalian sudah menguasai penggunaan fungsi-fungsi seperti yang saya sebut di atas, saya rasa kalian pun juga udah bisa membuat template ataupun tema wordpress sendiri. Dengan catatan, sebelumnya kalian juga sudah mengerti dulu dasar-dasar HTML. Berikutnya tinggal perbanyak latihan teknik-teknik memainkan CSS. Udah paling itu-itu aja ilmunya.

Di bawah ini saya mau share sedikit cuplikan hasil Theme WordPress yang berhasil saya buat.

Template Blogger Hitam Putih C15 versi WordPress

theme-wordpress-seo-repsonsive-hitam-putih-chaidir

 

Fitur Theme WordPress Hitam Putih C15 versi 3.20 :

  • One Column & Two Columns (Only Post)
  • Right Sidebar
  • Custom Header
  • Custom Menus
  • Custom Background
  • Dynamic Sidebar
  • Editor Stylesheet
  • Responsive Design
  • Navigation Mobile
  • Isotope Layout
  • Featured Thumbnail
  • About Author
  • Related Posts
  • Share Button (Pure CSS)
  • Subscribe Email
  • Threaded Comment Blogger
  • Comment Footer Note
  • Adsense Ready (Responsive)
  • Scroll To Top (Bounce Animation)
  • 404 Error Page
  • Buddypress Template
  • BBpress Forums Template
  • Protected Password Post

Dari segi tampilan, konsepnya masih sama persis dengan template blog utama saya ini. Memang tujuannya mau dibuat sama. Istilahnya ini adalah versi untuk wordpressnya. Tema ini saya gunakan untuk subdomain saya yang beralamat di info.chaidir.web.id.

Saya sangat senang jika kalian mau mampir dan sekedar lihat-lihat. Misalkan kalian menemukan ada bug atau error di bagian tertentu, saya minta tolong kabarin saya. Soalnya memang tema ini belum saya uji sepenuhnya. Kalau kalian tertarik untuk makek theme wordpress keren ini, boleh! Tapi iyaa gak GRATIS. Kalau misalkan kebetulan saya lagi baik, bisa aja saya kasih GRATIS. Lebih baik kalian hubungi saya langsung aja biar kita bisa sharing.

UPDATE : Sekarang blog ini sudah pindah ke wordpress. Jadi, untuk demo bisa lihat langsung secara live di alamat chaidir.web.id

Pengalaman Membuat Theme WordPress Sendiri

Saya rasa ini adalah pengalaman baru yang menyenangkan. Walaupun memang gak mudah. Tapi justru disitulah letak tantangannya. Menyusun kode-kode ruwet yang tak beraturan agar bisa tersusun rapi ketika dilihat dari browser. Mencari solusi ketika ada bug disana-sini. Mencari tahu gimana cara membuat ini dan itu.

Dan akhirnya, sekarang saya sudah bisa memiliki sebuah template yang sekaligus juga bisa dipakai untuk theme wordpress. Dengan begini personal weblog Chaidir.Web.ID bisa terlihat lebih profesional. Karna dengan bantuan fitur-fitur canggih wordpress, beberapa kekurangan dari platform bisa tertutupi. Ini adalah satu teknik saya untuk mengkombinasikan dua platform yang berbeda.

theme-wordpress-hitam-putih-c15
Isi dari theme wordpress Hitam Putih C15

Jika beberapa ada yang masih bertanya-tanya,

“Lebih baik mana sih antara blogger dengan wordpress? Apa aja sih perbedaan antara keduanya?”

Kalau saya jawab, lebih baik cobain aja dulu dua-duanya. Pasti entar tahu sendiri. Dan malah kita bisa dapat pengalaman lebih banyak. Bukan sekedar tahu tapi gak pernah praktek. Sama aja bohong kan?

Terus ada juga yang heran, yang pengguna blogger pengen makek tema wordpress dan sebaliknya pengguna wordpress malah pengen makek template .

Sekali lagi, saya malah pengen makek kedua-duanya. hehehe..

Sekian dulu sharing pengalaman seputar tentang Cara Membuat Theme WordPress Sendiri hari ini. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Syukur, kalau bisa jadi inspirasi atau sekedar ide baru bagi sahabat-sahabat sekalian.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

13 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Jangan Biarkan Blog Terlantar
Komunikasi Lisan dan Tulisan, Seri Audio Chaidir.Web.ID
Close