ngeblog dari wordpress andorid app

Lagi-lagi masih soal pindahan saya dari blogspot ke wordpress. Satu hal lagi yang menyenangkan adalah tampilan dashboard admin wordpress yang keren dan responsive membuat saya jadi betah kalau mesti ngeblog lewat smartphone. Sebelumnya kalau dari blogger sayangnya tampilan dashboard belum support mobile.

Dan blogger juga tidak punya aplikasi yang keren untuk versi android. Ada sih tapi menunya terbatas untuk posting saja. Sementara wordpress sudah punya aplikasi android yang menu dashboardnya kurang lebih sama dengan versi desktop nya.

Aplikasi Android WordPress Masih Lemot

ngeblog dari aplikasi wordpress android

Hanya saja kekurangan dari aplikasi wordpress android adalah koneksinya yang masih agak lemot. Gak tahu apakah karna itu internet smartphone saya yang gak kuat. Tapi saya ngerasa pas ingin melihat hasil terbaru dia agak lama merefresh halaman. Misal daftar post, page, comment dsb.

Anda bisa download apps nya dari sini > WordPress Android.

Saya lebih suka membuka halaman admin atau dashboard wordpress langsung lewat browser saja. Toh gak ada bedanya saya rasa. Pun tidak ada menu yang kurang. Tampilannya juga pas sesuai dengan layar. Jadi iyaa saya rasa misalkan kapan-kapan saya mesti ngeblog secara mobile, kayaknya oke juga.

Dan ini adalah salah satu contoh postingan yang saya buat langsung dari dashboard wordpress versi mobile di Smartphone saya (yang tak seberapa canggih ini).

Tahu tidak sejak wordpress versi 4.1 ada satu fitur baru yang ditambahkan. Yaitu mode distraksi. Dimana kalau mode tersebut diaktifkan maka seluruh menu-menu yang ada di sidebar kanan dan kiri akan hilang. Jadi kita dipaksa untuk fokus menulis saja.

Dan ternyata mode distraksi ini juga tetap bisa dipakai dari versi mobile smartphone. Untuk ukuran layar kecil rasanya mode distraksi ini jadi sangat efektif. Karna dengan begini jadi lebih hemat layar. Meskipun untuk ukuran layar smartphone saya yang kecil, baris text postingan yang kelihatan hanya tersisa 3 baris saja. Ndak papah lah.. heheh..

Kesulitan Saat Ngeblog Dari Smartphone

Satu hal yang saya rasa agak sulit kalau mesti ngeblog via smartphone adalah faktor papan keyboard. Beberapa kali saya masih sering typo. Jadi mesti backspace untuk memperbaiki kata atau huruf yang salah pencet. Walaupun gitu saya masih bisa kok ngetik 11 jari. Iyaa, kali ini 11 jarinya satu jempol kanan satu jempol kiri.

kesulitan ngeblog dari wordpress android smartphone

Terakhir, meskipun menu-menu di halaman tambahkan post terbaru ini lengkap, saya masih agak kesusahan untuk menata format postingan. Saya belum berhasil nyoba pasang anchor link. Kalau untuk sekedar BoldItalic, dan beberapa lainnya sih bisa. Mungkin karna kalau untuk anchor link dia ada munculin pop up jadi agak sulit.

Begitu juga untuk memasang tag H2, H3, menu drop down nya kebentur dengan papan keyboard jadi layar saya gak muat. Hahah.. Untuk menyiasatinya bisa sih dengan masuk ke mode teks HTML. Dan untuk pasang link ternyata dari aplikasi wordpress bisa lebih mudah.

 

Kesimpulan

Ngeblog dari wordpress android smartphone (yang versi abal-abal seperti punya saya), masih kurang menyenangkan. Kalau mau dibikin rapi mending simpan dalam konsep lalu nanti diutak-atik dari laptop lagi saja. Saya rasa dengan begitu bisa lebih bagus hasilnya.

ngeblog dari wordpress android apa bisa?

Okelah, sebenarnya tulisan ini saya buat hanya sekedar untuk ngetest buat postingan lewat smartphone saja. Alhasil untuk buat satu postingan ini terasa agak lebih lama kalau dibandingkan dengan ngeblog langsung dari versi desktop (kalau mau dibikin rapi). Tapi kalau untuk sekedar nge-draft saya pikir boleh juga laah kapan-kapan saya cobain lagi.

Kira-kira bagaimana menurut sahabat blogger? Mungkin ada yang punya pengalaman menarik lainnya saat ngeblog dari versi mobile? Monggo silahkan share di kotak komentar yaa.

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Design >> Baju Kaos Merpati Putih
Proses Belajar Pintar dan Bodoh
Close