cover-facebook-2015

Bagi seorang melihat-lihat tampilan blog orang lain yang berbeda-beda rasanya memang pasti sudah tidak jarang lagi. Bahkan pun ada juga blog yang memang masih sering bergonta-ganti tampilan. Bosan dengan template yang ini ganti template yang itu. Bosan makek ini mau pakek yang itu. Iyaah, saya pun juga pernah merasakan hal seperti itu.

Namun, perlu kita ketahui sahabat bahwa kebiasaan bergonta-ganti tampilan itu seseungguhnya tidak baik untuk pertumbuhan blog kita. Walaupun saya belum terlalu jauh membuktikan hal ini. Tapi kalau dipikir-pikir secara sederhana memang benar juga kok.

Konsistensi-Sebuah-Tampilan-Blog

Misalkan kita sudah memutuskan untuk menggunakan tampilan sekarang ini, jika sahabat benar-benar ingin membangun trafik yang baik, sudah pasti tentu akan berhubungan dengan yang namanya optimasi SEO bukan? Nah, itulah salah satu contohnya. Mau berganti tampilan maka seharusnya sahabat pun juga sudah siap memikirkan kembali optimasi SEO pada template baru yang akan digunakan. Pasti repot dan ribet juga tuh.

Bagaimana caranya supaya kita bisa betah dengan satu tampilan saja?

Gampang kok! Kalau menurut saya, setidaknya mulailah perlahan-lahan untuk mempelajari ilmu-ilmu coding, HTML dan CSS. Tidak apa walaupun sedikit. Minimal sahabat sudah bisa menguasai template blog yang akan sahabat gunakan. Lebih bagus lagi jika sahabat nantinya bisa membuat desain tampilan sendiri. Pasti saya jamin akan lebih enak tuh menggunakannya. Karena kan otomatis kita tahu gimana susahnya membuat sebuah template itu. Apalagi memang tampilan yang kita buat sendiri sudah seharusnya memang sesuai dengan harapan kita. Jadi, ngapain lagi repot-repot mau ganti tampilan baru?

Lantas apakah berganti tampilan blog itu dilarang?

Tidak juga. Terkadang ada saatnya mungkin memang perlu blog itu diganti tampilannya. Bisa jadi template yang digunakan sudah ketinggalan zaman. Seperti dulu belum ada istilah HTML5 dan CSS3, sekarang itu sudah bisa kita gunakan. Tapi kalau menurut saya sih, untuk berganti tampilan secara keseluruhan itu rasanya tentu butuh pertimbangan yang cukup meliputi banyak hal juga. Makanya saya pribadi lebih setuju kalau suatu blog itu hanya berganti tampilan di beberapa bagian saja. Istilahnya kita juga perlu memperbaiki diri.

****

Konsisten dan Selalu Berbenah Diri

Contoh akrabnya Facebook. Kalau kita lihat tampilannya yang dulu dengan yang sekarang, memang kelihatannya hampir sama saja kan konsepnya? Warnanya iyaa tetap begitu aja dari dulu, hanya ada dominasi putih dan biru. Tapi kalau kita perhatikan lebih teliti lagi padahal sudah banyak yang berganti dari tampilan Facebook yang dulu. Halaman profil dengan format tampilan timeline, adanya sticker emoticon yang beragam, adanya fitur upload foto di komentar, dll. Bahkan sebenarnya layout tampilan beranda pun juga pernah diganti. Seperti kemarin pun melakukan hal yang sama, yaitu memperbaiki tampilan form kotak komentar.

Bagi saya itu semua merupakan salah satu langkah yang perlu kita tiru juga. Upgrade diri itu memang penting bukan? Biasanya emang di kehidupan nyata pun seperti itu. Orang-orang yang enggan mengkoreksi diri lihat saja hidupnya pasti bakalan sulit untuk maju. Dan begitu juga sama pentingnya dengan mempertahankan konsistensi konsep tampilan blog yang sudah dibangun sejak lama. Tujuannya iyaa untuk kenyamanan pengunjung. Bukan sekedar kepuasaan kita pribadi semata yang harus selalu dituruti-turuti.

Dengan konsisten, berarti secara tidak langsung kita pun sudah menanamkan suatu makna tersendiri kepada pengunjung kita. Dengan begitu pastinya setiap orang akan lebih mudah mengingat dan mengenal blog yang kita bangun tersebut.
Dengan selalu berbenah diri, berarti kita selalu siap untuk terus belajar dan siap untuk menjadi yang lebih baik dimasa mendatang. Tampilan yang hari ini kita rasa sudah baik, belum tentu sudah sempurna. Teruslah belajar dari banyak sumber dan referensi, jika perlu minta pendapat dari orang lain. Kalau kita selalu sepele terhadap hal yang kecil, bagaimana bisa kita menjadi besar?

Disaat ada website lain yang serupa dengan tampilan Facebook pasti kita langsung tahu kan? Waah, ini tampilan meniru facebook nih. Ini tampilan mirip Youtube nih. Ini kok mirip Google yaa? Coba pikirkan, kalau blog kita pun bisa memiliki ciri khas tampilan tersendiri seperti itu, lebih bagus kan? Iyaa tapi itu kan situs-situs besar yang sudah terkenal. Lhooh, emang kenapa? Setidaknya kalau kita ingin serius menjadi profesional maka belajar lah dari mereka-mereka yang sudah besar. Walaupun kita berbeda jalur dari tujuan yang ingin dicapai, setidaknya kita bisa meniru cara berpikir mereka yang sudah profesional kan?

Lalu coba deh main ke Friendster. Tampilannya yang dulu seakan sudah berganti secara keseluruhan. Itu dikarenakan memang Friendster sudah berganti profesi, bukan lagi sebagai situs jejaring sosial seperti yang dulu kita kenal. Nah, inilah salah satu contoh jika kita tiba-tiba berganti tampilan blog. Sudah pasti pengunjung pun akan bertanya-tanya. Bisa-bisa ada pula yang nantinya mengira, “Wah kayaknya ini blog sudah pindah tangan nih bukan yang dulu lagi!”

Kesimpulan:
Konsistensi Tampilan = Memiliki suatu karakter atau konsep yang selalu ada dan dipertahankan sehingga menjadi ciri khas suatu blog

Berbenah Diri = Melakukan perbaikan, menambah, mengurangi, atau memperbaiki bagian yang ada pada tampilan blog untuk menjadi lebih baik

Mungkin inilah salah satu pemikiran yang awal-awal saya gunakan sewaktu ingin membangun Chaidir’s Web. Bukan hanya dari segi konten atau isi yang wajib kita rencanakan alurnya. Tapi juga dari segi tampilan pun perlu kita pikirkan baik-baik. Bagi saya sih tampilan yang sesuai dengan apa yang kita mau itu, secara tidak langsung juga bisa memberikan energi tambahan atau berupa semangat. Karena bagaimanapun memang kalau yang dipandang setiap hari hanya tulisan biasa saja pasti bosan juga kan? Makanya disitulah fungsi dari sebuah tampilan blog. Lebih baik tampilan sederhana tapi original kreasi sendiri, ketimbang mewah-mewah tapi kreasi orang lain dan banyak digunakan pula.

Semoga bisa menginspirasi.. Semangat Berkarya Sahabat!!

20 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Mencontek Karya Orang Lain, Stop Plagiarisme!
Cara Mengatur Custom Domain .Com untuk Blogspot
Close