cover-facebook-2015

Di dalam dunia blogging kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya URL. Istilah ini merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Atau kalau saya artikan sendiri secara sederhana URL ini merupakan alamat lokasi dari sebuah artikel. Sering juga disebut sebagai link, permalink, tautan dan lain-lain. Tanpa adanya URL tentu kita akan sulit untuk mengakses beragam konten yang ada dalam sebuah situs.

Cara Memilih Permalink URL yang Baik

Kabarnya URL ini juga memiliki pengaruh terhadap On Page SEO. Tekniknya adalah dengan meletakkan keyword utama yang kita incar ke dalam susunan kata URL tersebut. Terkadang karna URL ini biasa muncul secara otomatis berdasarkan judul artikel. Jadinya banyak yang kurang memperhatikan. Sebagai contoh:

http://www.chaidir.web.id/p/responsive-tools.html

Pada link tersebut saya mengincar keyword Responsive Tools. Kira-kira seperti itu yang saya maksud. Jadi antara slash bagian akhir itu disitu lah tempat kita bisa meletakkan keyword. Karna memang bagian itu yang bisa kita atur. Kalau yang depannya kan sudah fix.

Tapi bukan berarti hanya dibagian terakhir URL itu saja yang bisa mempengaruhi SEO. Bagian kata awalnya juga sama pengaruhnya. Yaitu bagian domain ataupun subdomain. Makanya memilih nama domain diawal itu sangat penting juga.

Menentukan alamat sebuah situs atau blog itu sebenarnya gak bisa asal-asalan. Lebih bagus kalau nama domain yang kita gunakan adalah keyword yang kita incar dari blog tersebut. Kita hanya bisa menentukan bagian ini satu kali saja. Setelah kita daftarkan iyaa nama domainnya tetap itu. Kalau mau yang beda yaa silahkan buat domain yang baru.

Misal, saya mau buat blog dengan niche khusus membahas tentang cara bermain rubik. Pilihan nama domain yang paling tepat adalah yang berhubungan dengan keyword cara bermain rubik. Sangat disayangkan jika saya menggunakan nama domain yang tidak nyambung sama sekali dengan topik tersebut. Seperti:

www.psikoatoknamukegile.com

Apa ceritanya kok domain itu bisa bahas cara bermain rubik? Cuman sekedar contoh. Tapi pasti sahabat pernah melihat kasus yang seperti ini, iya kan? Katanya sih pengen kelihatan keren. Ada yang pakek bahasa inggris lah. Ada yang aneh-aneh. Padahal isi konten yang mau dibahas lain ceritanya. Kalau domainnya gratis sih masih mending. Kalau bayar? Itu serius mau pasang domain begitu?

Gunakan Permalink URL yang Singkat

Setelah sahabat tahu bahwa alamat link URL itu bisa kita sesuaikan. Teknik rahasia berikutnya adalah gunakan alamat link url yang singkat. Kenapa mesti singkat? Alasannya supaya mudah diingat. Iyaa! Tujuan dari link ini kan sebagai alamat. Kalau singkat orang mudah ingat. Kalau panjang bisa-bisa malah salah ketik dan nyasar ke alamat lain. Entah pun gak ingat sama sekali.

Kalau untuk domain usahakan dapat yang satu kata. Saya rasa itu lebih baik. Dan buatlah nama domain tersebut agar mudah disebut dan mudah diingat. Makanya yang satu kata itu lebih sulit dicari. Karna udah banyak yang incar duluan.

Nah, untuk link URL dari artikel juga sama. Buatlah yang singkat-singkat saja. Gak harus sama dengan judul. Kalau judul sih bisa dibuat panjang-panjang. Terserah. Karna judul itu lah yang bisa membuat orang tertarik untuk baca isi artikel yang kita buat. Kalau judul gak menarik, gak bikin penasaran, gak kreatif, iyaa hasilnya pasti gak maksimal.

Biasanya blogspot juga membatasi jumlah karakter untuk alamat link URL ini. Jadi kalau kalian biarkan kepanjangan nanti pun malah kepotong sendiri. Contoh:

Judul Artikel : 5 Jurus Jitu Mendatangkan Ribuan Pengunjung Tanpa Promosi
Link URL : http://blogchaidir.blogspot.com/2014/09/5-jurus-jitu-mendatangkan-ribuan.html

Kalian pernah dapat link seperti itu? Ujung-ujungnya malah kepotong. Padahal keyword yang kita incar itu adalah ‘Mendatangkan Ribuan Pengunjung’. Tentu akan lebih efektif kalau kita menyesuaikan link tersebut sendiri. Tidak secara otomatis. Buat saja begini:

http://blogchaidir.blogspot.com/2014/09/mendatangkan-pengunjung

Antara Permalink URL Panjang dan Singkat

Sebelumnya saya mau tunjukkan dulu perbedaan antara penggunaan permalink URL yang panjang dengan yang singkat. Untuk melihat keterangan ini saya menggunakan SEO Quake Tools. Perhatikan cuplikan dua gambar dibawah ini.

permalink-url-panjang
 contoh permalink URL panjang
permalink-url-singkat
contoh permalink URL singkat

Kalau Sahabat bisa bahasa Inggris, silahkan terjemahkan sendiri keterangan yang ada di dua gambar tersebut. Kesimpulan yang bisa diambil adalah yang singkat itu lebih baik. Kalian gak usah repot-repot mikir seberapa panjang maksimal sebuah permalink yang baik. Cukup buat saja permalink yang sesingkat mungkin. Paham?

Gimana cara mengatur permalink URL dari sebuah artikel?

Ada perbedaan antara blogspot dan wordpress. Untuk soal pengaturan permalink URL ini jelas wordpress lebih unggul. Karna pilihan struktur URL-nya lebih banyak. Kalau blogspot strukturnya hanya satu jenis saja. Seperti gambar yang pertama itu adalah contoh permalink yang dihasilkan oleh blogspot. Sedang yang gambar kedua struktur permalink dari wordpress. Bisa dibedakan tidak?

Melakukan pengaturan permalink URL dari Blogspot

Caranya mudah. Ketika kalian sedang menulis sebuah postingan artikel lihat pilihan menu di samping kanan. Klik pada pilihan tautan permanen dan pilih Tautan Permanen Khusus. Pada kotak yang tersedia silahkan tulis susunan kata yang diinginkan. Klik Selesai.

mengatur-permalink-url-blogspot

Melakukan pengaturan permalink URL dari WordPress

Untuk wordpress seperti yang saya katakan tadi, kita bisa memilih struktur yang diinginkan terlebih dahulu. Jadi struktur ini nanti akan berlaku untuk setiap URL artikel di blog kita. Kalian bisa menuju menu pengaturan. Kemudian pilih Permalink. Dan silahkan pilih sendiri format permalink yang kalian mau.

permalink-settings-wordpress

Saya lebih memilih format Post name. Kalau blogspot formatnya adalah seperti yang pilihan Month and name itu. Sebelum nama permalink ada sisipan tahun dan bulan. Yang enggak enaknya di blogspot kita gak bisa merubah format itu semau kita.

Oke, setelah kalian mengatur struktur permalink URL, selanjutnya kalian bisa mengatur susunan kata untuk permalink di setiap postingan. Caranya hampir sama seperti blogspot. Ketika sedang menulis postingan pertama silahkan buat dulu judul artikel yang diinginkan. Setelah itu nanti akan muncul pilihan permalink tepat dibawah judul, klik edit. Pada kotak yang tersedia masukkan keyword yang kalian target. Klik Ok untuk menyimpan URL.

mengatur-permalink-url-wordpress

Gimana mudah kan?

Sekarang kalian sudah mengetahui salah satu teknik Rahasia Menggunakan Permalink URL sebagai keyword untuk optimasi SEO yang lebih baik. Disini saya gak menganjurkan kalian untuk merubah-rubah permalink yang sudah dibuat kemarin-kemarin. Yang sudah terlanjur di-publish yaa sudah biarkan saja. Besok kalau bisa buat yang lebih bagus. Siiip?

Semoga tulisan sederhana saya ini bermanfaat.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

18 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.