Tips Belanja Online Akhir Tahun

Setiap akhir tahun hampir semua toko online pasti selalu mengadakan promo dan SALE besar-besaran untuk setiap produknya masing-masing. Hal ini tentu menjadi sangat menarik bagi para online shopper maniak atau Anda yang hobi belanja online yang sukanya membeli barang melalui internet. Bagaimana tidak, rasanya tentu akan sangat sayang jika ada penawaran menarik dengan harga menggiurkan namun dilewatkan begitu saja tanpa beli.

Nah, sebelum Anda mulai berburu harta karun, eh maksudnya berburu produk yang keren dengan promo dan sale di akhir tahun ada baiknya Anda sempatkan diri sejenak untuk baca tips belanja online akhir tahun di artikel berikut ini.

Inilah 5 Tips Blanja Online Akhir Tahun Wajib Anda Tahu

1. Pastikan Anda Butuh Produk Apa

Kebanyakan orang suka menjadi gila ketika melihat banyak produk dan banyak penawaran harga MURAH pake SALE atau diskon. Padahal belum tentu dia butuh. Sejatinya kita itu berbelanja karna memang lagi butuh. Harusnya sih begitu, iyaa kan? Kecuali kalau uang Anda sudah terlalu banyak dan susah nyimpannya lagi, jadinya Anda mau buang-buang uang untuk barang yang belum tentu terpakai atau sedang Anda butuhkan.

Ketika Anda memutuskan untuk berbelanja online, ada baiknya Anda sudah tahu produk apa yang Anda ingin beli. Bukan malah cari-cari saja tapi gak tahu mau beli apa. Yang ada nantinya malah Anda jadi kelupaan untuk membatasi diri dan beli hal-hal yang Anda tidak perlukan. Akan jauh lebih baik Anda tahu kebutuhan Anda apa.

2. Buatlah Skala Prioritas atau Wishlist Produk

Masalah lain yang mungkin akan Anda hadapi adalah Anda bingung mau beli yang mana dulu. Karna saking banyaknya produk yang Anda butuhkan dan ingin dibeli tapi budget uang Anda terbatas. Disini Anda butuh untuk membuat perencanaan sebelum mulai berbelanja.

Buatlah semacam skala prioritas mana yang paling penting dan mana yang bisa ditunda dulu. Sekiranya ada lima macam barang, Anda harus bisa urutkan dari mana yang penting, urgen, paling Anda butuh dan mana yang tidak begitu penting. Jadinya Anda bisa membuat keputusan untuk belanja produk lebih tepat dan efektif.

Sekiranya Anda tidak punya budget yang cukup untuk beli semua produk yang Anda mau, Anda bisa jadikan produk tersebut sebagai wishlist atau masuk ke daftar tunggu belanjaan Anda di kemudian hari. Tentunya Anda harus bisa menahan diri dan mulailah menabung mulai hari ini agar sampai di hari yang Anda tentukan Anda sudah bisa belanja produk yang Anda inginkan tersebut.

Belanja Online Kejar Diskon SALE Besar

3. Jangan Salah Pilih Produk dan Tempat

Nah, ini juga penting. Seringkali karna kita sudah merasa ingin sekali beli sesuatu yang belum kita punya sebelumnya, jadinya kita lupa untuk memilih produk terbaik. Misalkan Anda ingin punya smartphone, ada banyak merek dan jenis smartphone yang bisa Anda beli.

Disini Anda harus pandai memilih mana yang paling cocok sesuai dengan keinginan Anda dan tentunya pas pula dengan kantong Anda. Lakukan survey kecil-kecilan jika dirasa memang perlu. Bandingkan antara satu jenis produk dengan jenis yang lainnya. Sampai Anda benar-benar menemukan produk idaman Anda.

Dan lagi jangan ragu untuk membandingkan antara satu tempat dengan tempat yang lain. Ini akan membuat Anda lebih yakin dengan harga yang ditawarkan oleh pihak toko online. Dan saat Anda sudah merasa cocok dengan harganya tentu Anda bisa belanja dengan perasaan yang lebih menyenangkan. Tentu tidak menyenangkan sekiranya Anda sudah beli produk A dengan harga tertentu, tapi ternyata teman Anda besoknya bisa beli dengan harga lebih murah di tempat lain. Anda juga bisa bandingkan harga melalui katalog-katalog yang ada di internet atau bisa cek langsung ke toko offline (kalau Anda rajin).

Oh yaa, satu hal lagi terkait soal harga promo di akhir tahun. Anda juga harus jeli melihat harga secara REAL. Jangan sampai Anda tertipu hanya karna melihat kata SALE atau DISKON. Terkadang harga nyatanya itu iyaa memang segitu atau harga setelah diskon sama dengan harga sebenarnya. Ada yang begini? Ada! Hehehe..

4. Belanja Online Harus Aman dan Nyaman

Poin penting ketika Anda memutuskan untuk belanja online melalui internet adalah fasilitas transaksi pembayaran yang aman dan nyaman. Anda harus pastikan tempat Anda belanja online memiliki sistem pembayaran yang aman. Salah satu indikasinya seperti misal Anda melakukan pembayaran tidak langsung ke penjual, tapi melalui sistem pihak ketiga.

Biasanya ada yang sebut istilahnya Escrow [baca: Wikipedia]. Jadi, ketika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai harapan Anda bisa melakukan proses refund atau pengembalian uang. Ini akan meminimalisir adanya transaksi penipuan dalam berbelanja online di internet.

Anda juga bisa melihat beberapa review dari konsumen yang sudah pernah beli produk yang sama di halaman produk. Biasanya beberapa toko online juga ada menampilkan data-data seperti penjualan, rating pelanggan, dan semacamnya. Anda bisa menilai apakah penjual di toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak. Tentu tidak menyenangkan jika terjadi sesuatu hal selama proses transaksi, bukan? Misal produk tidak sampai, produk rusak dan lain-lain. Ketika penjual memang dapat dipercaya ini akan membuat belanja online Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Sudahkah Anda Sedekah Chaidir Web ID

5. Jangan Lupa Bersedekah! Iya SEDEKAH

Nah, poin terakhir ini juga penting. Kebanyakan orang kalau sudah banyak uang senang belanja tapi lupa untuk sedekah. Hehehe.. Lewat artikel ini saya juga pengen sekalian mengingatkan kepada sahabat online shopper saja. Ada baiknya jika kita juga menyisihkan sekian persen dari total belanja atau uang yang kita punya untuk disedekahkan kepada yang membutuhkan. Akan lebih bagus jika persennya itu gede.

Iyaa gimana pun juga mestinya harus seimbang lah, iya kan? Ada saatnya kita penuhi kebutuhan dunia dan ada pula saatnya kita penuhi kebutuhan untuk akhirat kelak. Anda mungkin tidak sadar kalau misal belanja dimanapun Anda sudah dipaksa bayar pajak secara tidak langsung. Nah, gimana kalau misal Anda juga tidak sadar keluarkan uang beberapa lembar rupiah untuk bayar sedekah. Tidak usah terlalu dihitung-hitung jumlahnya, ikhlaskan saja. Yakin lah dengan kebiasaan bersedekah justru rezeki Anda kelak juga akan bertambah. Insya Allah.

******

Blanja

Sekian tips singkat dari saya untuk Anda yang sedang berburu produk belanja online di akhir tahun. Kalau Anda mau cari tempat belanja, sekedar saran coba aja pergi ke blanja.com kebetulan disana lagi ada banyak promo dan SALE. Ayoo Buruan!!

Terima kasih sudah berkunjung, saya sangat senang jika Anda luangkan waktu sedikit untuk tinggalkan komentar di bawah tulisan ini.

Selamat Berbelanja!

Sumber Gambar: Eccomerce, Sale, Sedekah

2 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Training The Secret of Success, Rahasia Sukses dengan Kekuatan Alam bersama Chaidir
Kenapa Harus Menjadi Sesuatu Yang Berbeda?
Close