cover-facebook-2015

Apakah blog sahabat masih belum memiliki banyak pengunjung? Kira-kira siapa coba yang tidak ingin tahu bagaimana cara agar blog banyak didatangi pengunjung tiap harinya? Mungkin setiap pasti lah berharap supaya blog yang dikelolanya bisa banyak dilihat dan dibaca oleh pengunjung. Barangkali melihat statistik blog yang anjlok bisa-bisa membuat kita sebagian menjadi tidak semangat bukan? Bahkan pun ada juga yang sampai memutuskan untuk berhenti ngeblog hanya karna blog nya sepi akan pengunjung. Apakah sahabat termasuk seperti itu juga?

rahasia-agar-blog-banyak-pengunjung

Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Perlu saya tegaskan bahwa di dunia ini tidak ada pencapaian yang instan. Semua yang kita inginkan sudah pasti perlu kita pelajari, perjuangkan dan pertahankan. Apakah memang tidak ada cara agar blog banyak mendapat pengunjung secara cepat dan singkat? Bisa dikatakan, ADA. Hanya saja sudah pasti hasil itu tidak akan bertahan lama. Dapat pengunjung secara berkelanjutan dan secara konsisten tentu seharusnya itu lah yang lebih baik. Tanpa melewati prosesnya terlebih dahulu, sudah pasti pada saatnya blog kita akan kembali mengalami penurunan juga nantinya.

Jujur saya sendiri juga masih dalam proses belajar untuk membangun Chaidir’s Web ini. Dan barangkali artikel yang saya tulis ini juga masih banyak kekurangan. Tapi, disini saya hanya ingin sedikit memberikan padangan dan berbagi pengalaman saja mungkin bisa bermanfaat. Berikut ini terlebih dahulu saya ingin menunjukkan screenshot kondisi dari perkembangan statistik Chaidir’s Web beberapa hari terakhir.

cara-agar-blog-banyak-pengunjung

Memang angka pengunjung weblog ini sekarang masih belum mencapai di atas 1000 per hari, tapi coba perhatikan pergerakkan trafiknya. Saya rasa yang seperti itu lebih baik. Konsisten dan tidak naik turun terlalu jauh. Artinya apa? Coba perhatikan lagi keterangan sumber lalu lintas di bawahnya. Terlihat disitu pengunjung yang datang ke blog ini masih lebih dominan berasal dari Google. Nah, inilah yang disebut dengan pengunjung Organik. Dan ini lah satu-satunya kunci rahasia yang sangat potensial untuk meluncurkan banyak pengunjung ke blog kita.

Bahkan tanpa kita promosikan sekalipun pengunjung bisa datang dengan sendirinya. Memang sudah hampir 4 hari saya tidak update blog dengan artikel terbaru. Bukan karna malas atau kehabisan ide, tapi mungkin karna faktor waktunya saja yang masih kurang bersahabat dengan saya. Sehingga untuk berlari kesana kemari menitipkan dan mempromosikan link pun cuman bisa hanya sesekali. Begitu juga dengan blogwalking, hanya beberapa blog saja yang sempat saya kunjungi. Tapi syukur ternyata grafik pengunjung weblog ini masih ada.

Jadi, sebenarnya menurut saya pribadi ngeblog itu gak jauh beda dengan Investasi (kuadran kanan) kalau dalam ilmu entrepreaneur. Artinya ada baiknya kita itu menulis artikel di blog iyaa niatkan saja untuk berinvestasi ilmu. Menyumbangkan sebagian dari pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki. Pintu gerbang utamanya adalah Search Engine. Bisa ke Mbah Google (yang paling potensial dan populer), Yahoo, Bing, Social Bookmark, dll. Sehingga jika kita sudah dari awal niatnya untuk berbagi, maka ke depan menjalani proses ngeblog pun akan terasa lebih menyenangkan.

Lebih enakan mana
bekerja dapat income gak kerja gak dapat apa-apa

atau
bekerja dapat income gak kerja dapat income juga ?

Kejarlah kuadran kanan atau istilahnya pasif income. Artinya kalau diterjemahkan kedalam aktifitas blogging, kita ngeblog bisa dapat banyak pengunjung tapi jika kita tidak ngeblog pun bisa mendapat banyak pengunjung. Biarkan saja pengunjung kita berkembang tanpa harus dipaksakan. Pengunjung yang datang secara alami dan natural dengan atas kebutuhan sendiri itu sangat jauh lebih baik. Ketimbang kita meminta-minta dan menyuruh orang lain untuk berkunjung ke blog kita.

Misal, “Kunjungi blog ane yaa gan!”, “Nice info nich, visit back doonk!”, “Ditunggu lhooh kunjungan baliknya”. Bisa jadi orang yang berkunjung pun cuman hari ini, besok belum tentu kan? Atau malah enggak dikunjungi sama sekali. Abisnya terlalu maksa sih.

****
pengunjung-organik-lewat-Google

Tips Rahasia: Bagaimana Cara agar Blog Ramai Pengunjung

Kualitas Konten Artikel

Apapun alasannya di dalam dunia blogging tetap konten lah yang paling utama. Mau jadi apa blog sahabat dikenal banyak orang? Semua ditentukan oleh konten apa yang sahabat tawarkan melalui blog tersebut. Maka, perbanyaklah menuntut ilmu dan mencari pengalaman di dunia nyata. Baru kemudian kita tinggal menyalurkan pengetahuan dan wawasan tersebut lewat blog di dunia maya. Jangan sesekali mengada-ada dan berdusta. Menulis artikel yang tidak kita kuasai itu sama saja bohong namanya. Karna sejatinya, kualitas konten artikel yang baik itu sudah pasti berbanding lurus dengan kualitas dari dalam diri kita sendiri.

Semakin bagus artikel kita ditambah tulisan tersebut original karya kita sendiri, tentu ini akan menjadi modal utama. Orang mau mengunjungi suatu blog, pertama tentu tujuannya karna ingin mencari suatu ilmu atau informasi bukan?

Kuantitas Posting Artikel

One Post One Day. Itulah slogan yang sering menjadi motivasi bagi – yang sudah senior dan profesional. Jika kita memang benar-benar ingin mendapatkan banyak pengunjung di blog kita, memang prinsip seperti itu perlu kita tanamkan dan biasakan sejak awal. Dengan selalu rutin menerbitkan artikel, itu saja sudah bisa menandakan bahwa kita adalah yang serius dan mau menjaga komitmen. Memang itu butuh proses yang cukup lama, jarang ada orang yang baru beberapa bulan saja sudah bisa setiap hari update tulisan.

Kalau memang benar-benar terkendala gak bisa konsisten setiap hari, iyaa gak papah. Seminggu minimal 3 kali sudah lumayan kok. Tapi, tetap niatkan saja suatu saat saya pasti bisa lebih rutin nerbitkan artikel di blog. Hitung-hitung belajar menjadi penulis. Dan ini menjadi faktor kedua karena Search Engine juga sangat suka blog yang sering update tulisan. Satu hal lagi bukan tidak mungkin akan ada pengunjung langganan yang betah datang ke blog kita untuk menantikan tulisan terbaru yang kita punya.

Kemampuan Dasar SEO

Point terakhir ini lah yang sebenarnya sangat penting. Seperti yang saya katakan diawal, untuk bisa mendapat pengunjung yang banyak ada baiknya kita bersahabat dengan Google. Karna dengan begitu pekerjaan kita akan jadi jauh lebih ringan. Jika optimasi SEO kita sudah bagus, cukup dengan beberapa teknik promosi lewat media sosial, selanjutnya kita tinggal melihat perkembangan yang diberikan oleh search engine. Tentu hal ini memang butuh pengetahuan yang cukup agar kita bisa mempraktekkannya lebih lanjut.

Saya saran kan bagi sahabat yang belum mengerti tentang SEO, belum ada kata terlambat untuk segera meng-optimasi blog yang sahabat miliki. Belajar lah dari dasar terlebih dahulu. Untuk bisa menjadi ahli dalam dunia SEO ini memang tidak bisa sebentar. Tapi, setidaknya kita perlu memiliki bekal kemampuan dasar tentang SEO. Yang penting kita punya kemauan ditambah rajin belajar dan terus mencoba, tentu akan jadi lebih mudah.

***

Sebenarnya memang tentu masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan trafik pengunjung menuju blog kita. Hanya saja menurut saya pribadi yang sangat perlu sekali dan penting untuk kita utamakan iyaa ketiga point tersebut. Jika ketiga-tiganya sudah dalam tingkat yang baik, saya jamin sesegera mungkin blog sahabat juga akan cepat mendapatkan banyak pengunjung. ^D^

Apakah blogwalking tidak perlu?

Jelas itu perlu. Semakin kita sering menjalin silaturahmi bukankah rezeki akan semakin bertambah? Nah, seperti itu juga kalau kita ingin terus belajar di dunia Blogsphere. Jangan pernah sesekali sungkan untuk bertanya dan mencari ilmu dari sahabat lainnya. Cuman perlu saya tekankan disini, jangan sampai kita blogwalking hanya sekedar untuk numpang titip nama saja. Mencari persahabatan justru itu yang paling penting. Blogwalking bukan suatu keharusan tapi memang penting untuk dilakukan. Dan ingat, blogwalking bukanlah sarana untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog kita. Kalau pun tidak mendapat kunjungan balik ya sudah. Yang penting kita bisa mendapat ilmu dan sahabat. Itu saja.

Sekian Tips Cara Agar Blog Banyak Pengunjung dari saya. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Tapi gimanapun juga itu semua tetap bergantung pada usaha dan praktek kita masing-masing. Kalau ada yang kurang atau sahabat memiliki tips tambahan lainnya mohon tinggalkan komentar dibawah tulisan ini. Terimakasih atas kunjungan sahabat.

Selamat Menulis.. Tetap Semangat Berkarya!!

UPDATE:
Alhamdulillah pengunjung Chaidir’s Web sudah mulai semakin bertambah.
Tak disangka dalam waktu hanya dua bulan lebih sejak postingan ini saya buat, ternyata sekarang pengunjung blog ini sudah mencapai angka 5000an per hari nya. Dan berikut cuplikannya :

pengunjung-blog-ribuan-per-hari

75 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Fenomena Aneh Minta LIKE THIS di Facebook
Euphoria PILGUBSU 2013, Pengalaman Pertama Chaidir Nyoblos
Close