seberapa sering situs Anda mengalami downtime

Seberapa sering situs/web Anda mengalami DownTime? Untuk setiap blogger yang menggunakan fasilitas Hosting sendiri, sangat penting untuk memonitor kapan dan seberapa sering situsnya DownTime. Anda pernah dengar istilah Uptime dan Downtime?

Ketika website Anda mengalami DownTime itu berarti ada yang bermasalah dengan server atau hosting Anda. Sehingga website Anda tidak bisa diakses oleh pengunjung atau yang ditampilkan hanyalah kode Error pada browser. Kalau diibaratkan di rumah, anggaplah pada saat DownTime itu listrik dari PLN sedang Padam. Maka, pastinya ini akan sangat mengganggu bukan?

Jika website Anda sudah punya pengunjung tetap dan trafik yang tinggi, pasti akan sangat menggangu sekali jika website Anda tiba-tiba tidak bisa diakses karna sedang offline atau mengalami downtime beberapa saat. Bisa-bisa pengunjung Anda langsung kabur.

Performa Web Hosting Sangat Bagus jika selalu Uptime 100%

Semakin tinggi tingkat persentasi Uptime, itu artinya semakin bagus performa dari hosting situs/web Anda. Jika mungkin Anda bisa dapat 100% itu sudah sangat hebat sekali. Mungkin saja sih, kalau hitungannya per hari. Tapi kalau per bulan, rasa-rasanya sangat jarang jika hosting mampu tetap uptime selalu.

Jika website Anda mengalami downtime beberapa saat, katakanlah misal dibawah 1 menit. Sebenarnya ini gak terlalu perlu dikhawatirkan. Karna menurut saya itu masih sebatas wajar apalagi kalau cuman sesekali. Tapi kalau sudah sampai 5 menit atau lebih dan sering terjadi, Anda perlu ambil tindakan segera mungkin. Bisa jadi ada setting yang error dari hosting Anda, atau mungkin saja kapasitas hosting Anda sudah overlimit.

Kalau misalkan Anda bingung dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya Anda hubungi saja kontak Custumer Support layanan hosting Anda. Tanyakan ada apa dengan hosting web Anda. Mereka pasti siap membantu.

Cara Monitoring Website Apakah sedang Uptime atau Downtime, Bagaimana?

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus melihat setiap saat situs Anda untuk mengetahui apakah situs Anda sedang bermasalah atau sedang normal, iyaa kan? Maka untuk melakukan monitoring ini kita bisa gunakan bantuan aplikasi tertentu. Ada banyak sekali. Yang jelas nantinya kita tinggal daftarkan saja situs yang mau dimonitor apa, lalu proses pengecekan setiap saat akan dilakukan secara otomatis.

web-notice-dari-jetpack-monitoring-website

Jika nanti sewaktu-waktu situs Anda mengalami downtime, maka Anda akan mendapatkan notifikasi berupa report atau alert. Atau jika Anda ingin melihat statistik monitor selama waktu tertentu juga bisa. Langsung saja lihat dari dashboard akun tempat dimana Anda daftar untuk monitoring tadi.

Kalau saat ini saya pribadi, menggunakan dua macam web hosting monitor berbeda sekaligus untuk Chaidir.Web.ID.

  1. Fitur Monitor dari Plugin JetPack WordPress
  2. PingDom.com khusus untuk Web Hosting Monitor

Sayangnya, beberapa tempat untuk web hosting monitor tidak semua bisa didapat GRATIS. Terkadang kita harus bayar untuk bisa pakai semua fitur yang ada secara maksimal. Tapi jika untuk sekedar memonitor satu buah website saja, saya rasa masih bisa.

Apa Penyebab Website Bisa Mengalami Downtime?

  • Bisa karna mungkin server tempat Anda sewa hosting sedang bermasalah atau lagi maintenance.
  • Bisa juga karna misal ada yang error dengan CMS website Anda.
  • Bisa juga karna spesifikasi hosting Anda sudah overlimit, seperti Bandwith, Memory Usage, CPU dsb.
  • Bisa karna terjadi runtime error, seperti misal Anda proses sesuatu yang terlalu lama.
  • Atau bisa karna faktor lainnya.

Sekarang Anda sudah tahu kan, kenapa saat dulu ingin membeli sebuah layanan hosting Anda ada melihat beberapa registrar yang menawarkan fitur Uptime hingga 99,99% ?

Jika mungkin Anda belum pernah pakai hosting, sebaiknya nanti Anda pertimbangkan salah satu indikator ini untuk mencari jasa hosting yang terbaik.

Saya sarankan Anda tanya-tanya langsung ke Custumer Support-nya sebelum beneran memilih jasa layanan hosting terbaik untuk website Anda. Adakah jaminan jika hosting sering mengalami DownTime? Tanyakan saja!! Biasanya sih ada juga yang mau kasih garansi.

Chaidir.Web.ID - PingDom Uptime Reports

Saat ini, saya masih menggunakan hosting dari NameCheap.Com. Dan menurut saya masih sangat memuaskan lah. Terakhir kali sebelum saya posting tulisan hari ini Chaidir.Web.ID masih uptime selama 3 hari, dan rata-rata jika downtime pun cuman 1 menit. Dengan persentasi uptime 99,97% dalam seminggu, sudah cukup bagus lah.

Untuk Anda yang tertarik untuk mencobanya langsung silahkan saja daftar disini :
https://www.namecheap.com/

Oke, saya rasa cukup sekian dulu sharing kita hari ini. Semoga Anda bisa dapat sesuatu dari tulisan saya ini. Dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar di bawah yaa. Karna saya punya hadiah menarik untuk setiap Anda yang pertama komentar di situs Chaidir.Web.ID!

Salam Semangat!

9 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Membuat Desktop Background
Kenapa Memasang Iframe di Blog Tidak Bagus?
Close