cover-facebook-2015

Beberapa hari kemarin saya sedang asyik belajar nge-web. Agak beda sih dengan istilah nge-blog. Kalau ngeblog itu biasanya cuman posting artikel. Kalau ini saya menjajal kemampuan untuk membuat website. Sudah lama juga saya gak berurusan dengan WordPress sebenarnya. Sejak kemarin setelah vakum dari wordpress.com. Kisahnya bisa sahabat baca di Metamorfosis Blogger.

Ide ini sebenarnya udah lama saya pikirkan. Bisa dibilang ini merupakan lanjutan dari rencana saya yang sebelumnya. Coba baca tulisan lahirnya Subdomain Chaidir’s Web. Untuk yang dua itu saya masih pakai hosting gratis milik Blogger. Caranya gimana tuh? Sederhana. Saya buat blog baru, kemudian alamatnya saya pasang ke server domain saya ini. Udah jadi deh tuh.

Eh, apa bandwidth blog utama ini gak berpengaruh, dir?”

Saya perhatikan sih enggak. Karna blog ini kan masing-masing berada di hosting yang berbeda. Hanya alamatnya saja yang saya custom. Malah dengan cara seperti ini, ternyata peringkat Alexa blog utama saya bisa terbantu naik lebih cepat. Wiiih.. ^_^)b

Ah, repot bener sih main begituan!”

Bukan mainan  lhoh ini. Gak ada ruginya juga kan? Toh, saya bayar domain juga tetep 85ribu kok setahun. Kan mending dimanfaatin untuk bikin beberapa blog sekaligus. Murah tapi Meriah.

Dengan begini juga bisa menambah pengalaman baru saya di dunia Blogger. Setidaknya saya jadi paham betul cara membuat sampai mengelola yang namanya Web maupun Blog. Mengerti konsepnya dan melakukan berbagai macam pengaturan yang diperlukan. Saya yakin ada ilmu yang bisa dipelajari. Malah pun bukan gak mungkin nantinya bisa nambah rezeki juga.

Lahirnya Anak yang baru

Disamping, dua anak domain sebelumnya. Ada satu lagi yang belum saya singgung sama sekali. Yaitu Chaidir’s Chord dimana isinya hanya khusus untuk niche seputar musik dan chordlagu saja. Bisa dibilang ini adalah cara saya untuk mengurangi kategori yang ada di chaidir.web.id. Biar gak terlalu gado-gado. Mulai sekarang kategori blog utama ini akan saya kurangi.

Chaidir’s Chord ini pun kemarin saya buatnya pas kebetulan karna lagi buat Template Chordian (baru). Daripada saya buat blog asal-asalan untuk sekedar percobaan template. Saya lebih memilih untuk langsung buat blog beneran aja yang isinya mungkin bisa lebih bermanfaat. Kayak yang sebelumnya Template Sicupus juga begitu.

Template yang digunakan Chaidir’s Chord adalah asli rancangan saya sendiri. Dan template ini yang akan saya pakai untuk bahan praktek Tutorial Membuat Template Blogger. Sudah baca belum?

Berikut ini cuplikan tampilannya. Jika mau lihat-lihat untuk sekedar berkunjung juga boleh. Alamat TKP chord.chaidir.web.id

template-chordian

Template tersebut belum saya rilis untuk di-download publik. Karna masih belum selesai. Tinggal satu tahap lagi untuk pengaturan tampilan responsif. Kira-kira udah ada yang berminat? Kalau ada hubungi saya! Biar saya jadi lebih semangat juga ngerjainnya. Dan sobat bisa jadi orang pertama yang nyobain. Mau?

Belajar Membuat Website Member dan Forum

Karna subdomain sebelumnya masih mengandalkan Blogger. Kali ini saya nyoba main di WordPress. Bagaimana pun juga, untuk saat ini CMS wordpress masih tetap populer. Dan menjadi andalan para pembuat website profesional. Karna fiturnya yang lebih lengkap dan lebih bebas untuk diatur sesuai dengan keinginan.

Silahkan kunjungi info.chaidir.web.id

Sesuai dengan namanya Info Chaidir. Disana saya akan menyajikan berbagai informasi berkualitas. Seputar pengalaman saya di dunia Web akan saya bahas khusus disana. Bagaimana cara menjadi seorang , tutorial membuat web, cara buat online shop pun nanti ada. Juga bahasan seputar review situs keren. Entah itu blog atau web akan saya rangkum dan publish disana. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan referensi yang bagus untuk sahabat (khususnya yang masih baru mulai).

Dengan bantuan wordpress, saya bisa pasang beberapa fitur plugin yang gak bisa didapat di . Seperti fitur untuk daftar sebagai member dan membuat forum diskusi. Bisa dibilang ini lebih seperti website komunitas. Disana pengunjung bisa saling berinteraksi antar member. Dan lebih mudah sharing langsung dengan adminnya lewat forum.

Kalian mau blognya saya review?? Nanti akan saya publish di web saya yang satu ini. GRATIS!!
Contoh artikel review baca Sicupus Cuap-cuap Status.

Atau mau dapat tambahan pengunjung?? Boleh silahkan kunjungi halaman Promosi Blog dan submit URL blog kalian disana. Setiap blog yang terdaftar disana, pastinya juga akan selalu saya kunjungi ketika saya ada waktu luang untuk blogwalking. :-D

Untuk bisa menikmati seluruh fitur yang saya tawarkan melalui web tersebut, Sahabat bisa bergabung dulu jadi member. Otomatis setiap member akan mendapat akses sebagai contributor. Bagi member paling aktif juga akan saya berikan tawaran-tawaran menarik. Tunggu apalagi?

Cuplikan tampilan Timeline. Ini merupakan halaman aktifitas member info.chaidir.web.id. Kalau di Facebook, ini adalah berandanya (News Feed).

timeline-info-chaidir

Gabung yuuk!!! Selain bisa komunikasi sesama . Tentunya kita bisa belajar bareng seputar dunia blogging.

DAFTAR DISINI

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

2 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Chaidir.Web.ID Pindah Dari Blogspot ke WordPress
Serangan Virus Chat Facebook
Close