cover-facebook-2015

Kebanyakan orang kalau diminta membuat alamat email pasti seringnya menggunakan layanan dari Gmail.com atau Yahoo.com. Benerkan? Iyaa memang keduanya itu sudah sangat populer dikalangan kita. Walaupun GRATIS tapi fitur layanannya tetap lengkap dan tentu cukup memuaskan bagi para penggunanya. Hanya saja alamat email yang dapat digunakan terbatas. Paling kita cuman bisa buat nama@gmail.com , namasaya@yahoo.com atau namague@ymail.com .

Sebelumnya saya sudah sempet juga share satu provider penyedia layanan email gratis lain. Yang alamat emailnya lebih bervariasi gak sebatas satu atau dua. Jadi kesannya sudah mirip sih dengan alamat email versi domain sendiri. Tinggal kita pilih aja mana domain yang paling sesuai untuk dijadikan alamat emailnya. Silahkan baca selengkapnya, Email Baru Tampil Beda.

Cara Membuat Akun Email Domain Pribadi

Setelah kemarin saya berhasil Upgrade Paket Hosting akhirnya saya pun sudah bisa menikmati fasilitas pendukung lainnya yaitu membuat email pribadi dengan domain chaidir.web.id. Bagi sahabat yang sudah memiliki domain sendiri tapi belum mempunyai alamat email pribadi, rasanya sangat disayangkan sekali fitur yang sudah tersedia jika tidak dimanfaatkan. Berikut ini mari kita simak langkah-langkahnya.

Pertama, silahkan masuk (login) ke halaman cpanel domain Sahabat. Setelah itu cari pengaturan Mail, dan klik pada pilihan Email Accounts.

cPanel-IDwebhost-Email-Account

Kemudian akan terbuka halaman Email Accounts silahkan diisi dengan informasi yang diinginkan. Pada bagian ini kita diminta untuk mengisi nama email yang ingin dipakai yang akan diasosiasikan dengan alamat domain website kita. Disini saya ingin membuat alamat email admin@chaidir.web.id.

Selanjutnya silahkan dilengkapi dengan memasukkan password. Yang nantinya akan digunakan setiap kali kita ingin login ke halaman email yang sudah kita buat. Masukkan dua kali password tersebut. Lalu tentukan pula quota mailbox yang ingin kita sediakan untuk alamat email ini.

Bisa disesuaikan dengan kapasitas Disk Space Hosting masing-masing. Kalau kapasitasnya besar yaa gak papah dibuat sampai sekian MB atau GB. Kalau cuman pas-pasan iyaa isi dengan nilai yang standart saja lah. Sekitaran 100 MB sampai 200 MB sudah cukup lah.

Jadi sebenarnya kita bisa membuat beberapa alamat email untuk satu domain yang kita punya. Hanya saja tinggal kita bagi-bagi kapasitas penyimpanan Mailbox nya agar cukup untuk beberapa alamat email. Karna hosting punya saya masih rendah jadinya saya cuman buat satu saja deh. Hehehe..

Catatan:
UPDATE!! Sekarang Chaidir.Web.ID sudah pindah ke hosting NameCheap dan menggunakan WordPress Self Hosted.

Jika sudah terisi semua silahkan klik tombol Create Account. Selesai!! Alamat email pribadi Anda sekarang sudah jadi dan bisa langsung digunakan.

*****

Login ke Webmail untuk melihat Inbox

Untuk mengakses halaman email yang tadi sudah dibuat, bisa dengan melalui halaman cpanel caranya tinggal cari saja pilihan Webmail lalu klik. Atau dengan cara langsung lewat alamat website kita juga bisa, caranya tinggal gantikan saja tulisan www. dengan webmail. Sebagai contoh, https://webmail.chaidir.web.id/

Webmail-Chaidir-Web

Jika sudah terbuka halaman seperti tampilan diatas. Tinggal masukan saja alamat email kita dan passwordnya. Lalu klik pada tombol Log in. Selanjutnya akan terbuka halaman seperti berikut ini:

Webmail-Login-cPanel

Disini ada beberapa pilihan pengaturan yang bisa kita sesuaikan. Untuk melihat halaman inbox, buat pesan baru dll, silahkan pilih diantara 3 tampilan yang tersedia bisa Horde, RoundCube, atau SquirrelMail. Disini saya memilih tampilan RoundCube, nantinya akan terbuka halaman seperti gambar dibawah:

Tampilan-RoundCube-Email-Domain-Sendiri

Sampai sini Sahabat sudah tidak begitu asing lagi kan? Cara menggunakannya hampir sama lah dengan seperti kita menggunakan layanan email lainnya. Silahkan dicoba sendiri. Oh yaa, kalau berkenan coba tolong kirimin pesan ke alamat email saya diatas yaa!! Terserah isinya mau apa aja. Yang penting jangan minta isiin pulsa atau transfer uang.

————————————————
Customer Service Chaidir’s Web
admin@chaidir.web.id
0831 9876 9843
pin:73F64857
————————————————

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Perjalanan Pyramidium ke Masjid Al Musannif Cemara Medan
Rangkaian Power Supply Penyearah Listrik AC dengan IC L200
Close