cover-facebook-2015

Mulai sejak tanggal 6 Januari 2015 kemarin, saya memutuskan untuk pindah platform dari Blogspot ke WordPress Self Hosted. Sebelumnya saya sempat menggunakan WordPress Self Hosted untuk subdomain saya info.chaidir.web, sedangkan blog utama ini dengan akun blogger. Dan untuk hostingnya saya pakai hosting GRATIS dari idhostinger.

Baru kemudian di bulan Desember 2014 kemarin saya ada rencana untuk bangun sebuah website baru. Karna beberapa alasan saya lebih memilih untuk menggunakan wordpress, jadi saya pun membeli hosting berbayar plus domainnya. Nah, karna saya sudah punya hosting premium maka saya pun kepikiran untuk sekalian memindahkan blog chaidir.web.id ini ke hosting baru tersebut.

Kalau kemarin dengan hosting yang gratis saya tentu gak berani, karna saya tahu pasti akan sangat sering ngalamin limit bandwith, CPU dan segala macamnya. Terbukti kemarin dengan subdomain info yang trafiknya masih rendah saja setiap hari situs tersebut pasti selalu down pada waktu-waktu tertentu. Seringnya pagi.

Pindah Platform Blogger ke WordPress

Di tulisan kali ini saya gak akan cerita panjang lebar mengenai gimana proses yang saya lakukan kemarin. Yang jelas lumayan makan waktu juga sih. Dan memang tentu gak bisa semulus 100% sesuai dengan yang kita harapkan. Walaupun bukan berarti gagal, setidaknya pasti ada beberapa celah kekurangan akibat pindahnya blog ini dari blogger ke wordpress.

Untungnya sih saya udah punya theme wordpress sendiri yang sama persis dengan template blogger saya kemarin. Jadi iyaa untuk format tulisan-tulisan di blog ini, hampir gak banyak rusak. Paling ada beberapa bagian seperti misal untuk elemen-elemen HTML yang saya pasang class. Ternyata atribut tersebut hilang setelah pindah di wordpress.

Beberapa dampak lainnya :

  • Gambar avatar untuk setiap komentar berganti menjadi gravatar default Mistery Man.
  • Gambar cover yang saya buat di blogspot beda. Karna di wordpress fungsinya sebagai Featured Image.
  • Format tulisan kode-kode HTML untuk tutorial belum saya perbaiki fitur Highlight nya.
  • Perbedaan format permalink Blogger dengan WordPress (saya menggunakan Postname). Jadi, untuk link yang lama terpaksa harus saya redirect 301 ke yang baru. Dan beberapa mungkin ada yang error 404, seperti misal link dengan akhiran ?m=1 (versi mobile blogger).
  • Fitur tag di wordpress masih banyak kosong. Karna dari blogger fungsi ini kan memang gak ada.
  • Dan gak tahu kalau ada yang lain.

Kabar Subdomain Curhat dan Info

pindah dari blogspot ke wordpress

Sebenarnya sayang juga sih ninggalin akun blogger yang kemarin saya pakai untuk situs chaidir.web.id ini. Followernya udah lumayan, terakhir baru 116 pengikut sih. Tapi iyaa kan bagus juga, hitung-hitung setiap saya update post bakalan ada blogger yang lihat di beranda mereka.

Nah, supaya follower blog saya kemarin gak sia-sia jadinya saya memindahkan akun blogger subdomain curhat.chaidir.web.id ke akun blogger saya yang lama. Bingung yaa?

Gini nih, katakanlah domain saya ini dulunya menggunakan akun blogger dengan alamat ceha-precious.blogspot.com sedangkan untuk subdomain Curhat itu dengan alamat lainnya. Jadi, yang dari akun si Curhat itu konten tulisan-tulisannya saya pindahkan ke alamat ceha-precious.blogspot.com. Dengan begitu setiap follower saya kemarin di blogger, tetap akan dapat info dari postingan subdomain si Curhat.

Dan untuk subdomain info.chaidir.web.id, sementara ini saya nonaktifkan dulu. Karna seperti yang pernah saya ceritakan di tulisan Website Baru Anak Subdomain Info Chaidir, bahwa saya membuatnya kemarin hanya untuk melengkapi beberapa fitur yang gak bisa saya dapat dari blogger. Setelah saya pindah ke wordpress, berarti yaa udah gak perlu lagi. Hehehe..

Gak deng. Mungkin nanti kalau saya berubah pikiran akan saya aktifkan lagi. Tapi kemungkinan besar fitur-fitur yang kemarin sempat ada di subdomain Info Chaidir akan saya alihkan ke blog utama saja. Supaya lebih hemat space hosting. Untuk artikelnya bisa jadi juga akan saya post ulang disini.

Atau kalau saya aktifkan lagi, kemungkinan saya akan install ulang di hosting yang berbeda. Untuk saat ini saya pikir Hosting GRATIS Indonesia masih bisa diandalkan lah untuk trafik yang gak begitu tinggi.

Oke, saya rasa sekian dulu kabar terbaru seputar pindahnya blog Chaidir.Web.ID dari blogspot ke wordpress. Berikutnya nanti saya bakalan ceritakan gimana rasanya setelah pindah ke wordpress. Apa sih enaknya? Dan apa perbedaan antara kedua platform blog ini?

Tetap stay tune yaa..

Salam Semangat!!

10 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Gimana Akhir Cerita Doraemon Last Episode, Ini Videonya!
Coming Soon!! Karakter Blog Chaidir.Web.ID
Close