cover-facebook-2015

Blog personal itu adalah semacam situs yang dibuat oleh seseorang secara pribadi untuk tujuan tertentu. Apa yang membedakannya dengan blog/web lainnya? Blog personal lebih cenderung menceritakan atau menulis artikel itu berdasarkan diri si penulisnya sendiri. Kalau web profesional mungkin gaya bahasanya lebih umum. Pada blog personal atau blog pribadi kita bisa bercerita seperti layaknya diri kita bercerita dengan orang lain.

Iyaa, kira-kira begitulah.

Blog Chaidir.Web.ID ini termasuk jenis blog personal. Walaupun mungkin topik yang saya bahas di blog utama adalah tentang seputar tutorial blogger dan sebagainya, namun tetap saja saya membahas semua itu secara pribadi. Dengan gaya bahasa saya yang personal. Artinya di setiap penulisan lebih banyak menggunakan sapaan ‘saya’ sebagai tokoh utama. Itu artinya kan personal.

Membangun Blog Personal Dengan Konten Original

Jadi kalau blog itu adalah blog personal sangat tidak disarankan kalau Anda menulis artikel dengan cara COPAS. Itu berarti Anda sedang membangun brand diri Anda dengan cara mencuri kemampuan dari orang lain. Artinya begini, kalau lah kita sedang membangun blog personal berarti kita sedang membuat brand terhadap diri kita sendiri. Harusnya setiap apa yang ada di dalam blog personal tersebut merupakan hasil dari kemampuan yang kita punya.

Kalau Anda menulis dengan cara copas, berarti Anda sudah berbohong. Anda yang tidak pernah sama sekali berenang, tapi malah sok-sokan buat artikel tentang tips berenang. Anda yang tidak pernah bisa masak, malah sok-sokan buat artikel tentang resep masakan yang enak. Itu kan namanya bohong. Pengunjung blog Anda merasa kalau Anda bisa sesuatu, padahal aslinya tidak bisa apa-apa. Mending Anda jujur saja. Apa yang Anda bisa? Ya sudah mulailah menulis dari apa yang Anda bisa tersebut.

Membangun Blog Personal itu Mudah

chaidir bloggerMembangun blog personal itu sangat mudah. Karna tugas Anda hanya membuat artikel sesuai dengan kemampuan yang Anda punya. Atau bisa juga dengan cara seperti sedang menulis catatan sehari-hari. Atau bisa seperti sedang curhat dengan teman Anda. Atau seperti maunya Anda iyaa terserah. Karna itu adalah blog personal Anda maka itu persis seperti diri Anda sendiri di dunia maya.

Misalkan di dunia nyata Anda suka olahraga, lebih enak kalau Anda sering-sering saja bahas seputar tips-tips atau artikel olahraga. Jadinya nanti lama-kelamaan orang yang kenal Anda dari dunia maya juga tahu kalau Anda adalah seorang pecinta olahraga. Disini berarti Anda sudah berhasil membangun branding untuk blog personal Anda.

Biasanya blog personal itu cenderung menggunakan nama sendiri sebagai alamat situs (domain). Seperti blog saya ini. Karna nama saya adalah ‘Chaidir’ maka saya buat lah blog dengan domain Chaidir.Web.ID. Kalau nama saya budi mungkin saya akan buat situs dengan alamat www.budi.net atau lain semacamnya.

Jadi nanti orang lain di dunia maya akan kenal situs bernama ‘www.budi.net’ itu misalnya, sesuai dengan seperti apa Anda sering bahas artikel-artikel disana. Kalau yang dibahas seringnya tentang artikel jorok (18+), maka jangan heran kalau situs Anda nanti dicap orang lain sebagai situs mesum.

Membangun Blog Personal Seperti Sedang Curhat

Apa sulitnya menulis artikel di blog personal?

Tidak ada yang sulit saya rasa. Untuk menyelesaikan artikel seperti ini saja saya paling cuman butuh waktu sekitar 25 menit untuk 700 kata. Saya tidak perlu membaca artikel siapapun sebagai sumber referensi. Atau melihat buku-buku segala. Yang saya tulis adalah apa yang saya pikirkan saat ini juga. Saya menulis berdasarkan pengalaman saya secara pribadi. Saya bisa menulis karna saya tahu sesuatu tentang apa yang sedang saya tulis. Jadi tinggal dituangkan saja dalam bentuk tulisan. Secara personal, persis seperti saya sedang bercerita dengan Anda.

Terlepas dari apakah Anda mau dengarkan cerita saya atau tidak, yang penting saya sudah berhasil menulis sebuah artikel di blog personal saya saat ini. Dan kalau pun ternyata tulisan saya jelek, iyaa gak masalah. Toh nanti besok-besok saya masih bisa buat artikel baru yang lebih baik dari hari ini. Iyaa kan??

Jadi kapan Anda mulai membangun blog personal Anda sendiri?
Apa Anda masih merasa sulit untuk menulis di blog personal?

Baca juga : Cara Membuat Blog GRATIS di Blogspot

Yang paling penting saat Anda memutuskan untuk membangun blog personal adalah Anda harus mau untuk rajin update artikel. Sebisa mungkin Anda harus bisa sering menulis di blog tersebut. Paling tidak dalam satu hari Anda mau berusaha meluangkan waktu satu jam untuk menulis. Atau sekedar mencari ide baru untuk blog personal Anda.

Jika Anda punya pengalaman menarik seputar blog personal, silahkan share pengalaman Anda di kolom komentar biar kita bisa saling diskusi.

Sampai Jumpa!

9 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Edisi Kartun #2 : Shalat Shubuh
Kegiatan PORSENI 2013, Ikut Cabang Pencak Silat Merpati Putih
Close