cara membuat blog di internet

Anda pasti sudah sangat sering melihat blog atau website di Internet. Karna saya tahu bahwa di era Internet seperti sekarang ini, hampir semua orang sudah akrab dengan dunia Online. Minimal iyaa Anda sudah sangat sering bertatapan dengan webisite seperti Facebook, Twitter dan Google. Bagi Anda yang blogger tidak heran pasti Anda sudah lebih sering bermain-main dengan blog ataupun website.

Antara blog dan website itu bisa dibilang sama tapi agak berbeda. Kalau website tujuannya bisa bermacam-macam. Yang jelas setiap halaman di Internet yang bisa dikunjungi itu adalah website menurut saya. Sedangkan blog itu lebih spesifik sebagai suatu halaman situs yang isinya merupakan tulisan-tulisan berupa informasi untuk para pengunjungnya. Jadi kalau website sebenarnya gak harus punya dan sering update tulisan atau artikel. Kecuali itu adalah website berita.

 

Cara Membuat Blog Sendiri

Anda yang sudah sampai di halaman saya ini, itu berarti Anda termasuk pengunjung yang sedang mencari artikel seputar Bagaimana Cara Membuat Blog di Internet? Iyaa kan? Dan iyaa karna ini adalah blog, maka saya akan berikan informasi yang Anda butuhkan. Mudah-mudahan Anda sudah bisa mengerti gambaran seperti apa blog yang sesaat lagi akan Anda buat.

Okay, saya gak tahu apakah Anda beneran baca tiga paragraf pembuka saya diatas apa tidak. Anda yang gak sabar pengen nyari info penting, biasanya lebih suka skip langsung ke bagian inti dari tulisan ini. Sebenarnya lebih bagus kalau Anda menikmati tulisan ini secara keseluruhan. Santai aja!! Siip?

Di artikel tentang cara membuat website ini saya akan berikan gambaran kepada Anda seperti apa langkah yang biasanya orang-orang lakukan untuk membangun sebuah website profesional. Namun untuk tahap awal saya akan bimbing Anda untuk bisa membuat blog pribadi saja dulu. Di postingan berikutnya kita akan lanjut bahas cara yang lebih pro kalau Anda mau.

Pertama!
Langkah Cara Membuat Blog di blogger.com

Siapkan sebuah akun Gmail, karna blogger.com adalah bagian dari produk Google jadi kita butuh gmail.

Setelah itu Anda bisa akses alamat penyedia layanan untuk membuat blog gratis yaitu www.blogger.com. Anda akan diminta login menggunakan gmail. Kemudian Anda akan melihat tampilan seperti ini :

cara-membuat-blog-gratis-di-blogger-com

Untuk mulai membuat blog Anda bisa klik tulisan Blog Baru yang ada di kiri atas halaman. Maka nanti akan muncul semacam pop-up menu yang harus Anda isi. Silahkan isi semuanya dengan data yang Anda inginkan terserah Anda.

Diantaranya adalah :

Judul, Anda bisa isi dengan judul blog yang mau Anda buat. Baiknya sih yang sesuai dengan domain dan topik blog Anda. Jadi orang-orang bisa langsung ngerti gitu nanti lihat blog Anda dari judulnya.

Alamat, ini adalah bagian yang paling penting. Persis seperti lokasi rumah, dengan alamat URL inilah nantinya setiap orang bisa datang untuk mengakses halaman-halaman blog Anda. Tidak boleh ada alamat yang sama di Internet. Jadi Anda harus cari alamat Blog yang belum pernah dibuat orang lain.

Tips :
Sebisa mungkin gunakan kata-kata yang sesuai dengan topik (keyword) blog Anda. Tidak terlalu panjang dan mudah diingat.

Baca : Rahasia Penggunaan Permalink URL yang Baik

Template, bagian terakhir Anda akan diminta untuk memilih template sebagai tampilan blog Anda nantinya. Disini Anda bisa pilih bebas, gak usah terlalu repot di tahap ini. Klik saja dulu suka-suka Anda, toh nanti kita bisa ubah-ubah lagi kalau Anda mau punya tampilan blog yang lebih cantik dan bagus.

Lihat gambar dibawah ini :

membuat-blog-dengan-mudah-dan-gratis

Jika sudah, silahkan klik tombol orange Buat Blog!

Sampai sini Anda sudah berhasil membuat sebuah Blog GRATIS menggunakan platform blogger.com. Selamat yaa!

 

Kedua!
Langkah Cara Membuat Artikel Tulisan di Blog

Tugas Anda berikutnya adalah membuat konten. Dan bisa dibilang kalau untuk blog tugas dan kewajiban utama Anda iyaa itu. Anda harus rajin-rajin update artikel dengan tulisan-tulisan yang bagus dan bermanfaat untuk orang lain baca. Sehingga blog Anda bisa kedatangan banyak pengunjung nantinya.

Terlepas dari apapun tujuan Anda saat ingin membuat blog, pada dasarnya setiap blogger pasti butuh yang namanya TRAFIK. Sangat aneh kalau Anda punya blog tapi tidak ada yang tahu dan mau mampir kesana. Jadi untuk apa Anda buat blog? Mending Anda buat catatan pribadi di buku Anda saja kalau gitu. Anda yang tulis dan Anda yang baca sendiri.

Blog itu adalah untuk konsumsi publik. Maka buatlah konten blog yang benar-benar ada manfaatnya!

Okay, katakanlah Anda sudah punya konsep topik yang akan Anda bahas di blog baru Anda tersebut. Nanti di tulisan berikutnya saya akan bahas gimana cara yang bagus untuk menentukan topik / niche blog supaya Anda gak kehabisan ide dan blog Anda banyak diminati pengunjung. Tetap stay tune yaa!

Silahkan masuk ke halaman Dashboard blog Anda dengan cara klik tulisan judul blog yang baru Anda buat. Seperti gambar ini :

cara membuat blog dan mulai menulis artikel

Atau untuk langsung menulis artikel, Anda bisa klik tombol warna Orange dengan gambar icon pensil yang ada di bagian kanan. Kelihatan?

Katakanlah misal saya mau buat artikel pertama yang berjudul :

Cara Membuat Blog Gratis dengan Sangat Mudah

Maka saya akan ketikkan itu di bagian Judul Pos. Lalu berikutnya saya akan mulai mengetik konten yang mau saya jadikan artikel di bagian kotak kosong yang tersedia disana. Itu adalah tempat Anda menulis artikel di blog. Agar lebih mudah kira-kira berikut ilustrasinya :

bagaimana cara membuat blog pribadi gratis di internet

Di bagian toolbar Anda bisa gunakan beberapa pengaturan untuk mengatur tampilan artikel Anda. Fungsinya hampir sama seperti yang ada di Microsoft Word. Untuk mengatur ukuran font, jenis font, ketebalan (B), kemiringan (I), garis bawah (U) dan lain-lain. Bisa Anda coba-coba sendiri.

Gimana kalau misalkan Anda mau memasukkan gambar di artikel tersebut?

Nah, ini pertanyaan yang bagus!

Anda bisa lihat ada icon seperti gambar pemandangan di bagian toolbar atas? Letaknya disebelah tulisan link. Silahkan klik icon gambar tersebut. Nanti akan muncul pop-up untuk Anda mulai meng-upload gambar di blog Anda. Pilih gambar yang paling bagus yaa!

uplod gambar cara membuat blog mudah

Jika sudah selesai proses upload gambarnya, silahkan Anda tekan tombol Add selected. Lalu gambar akan masuk ke bagian artikel yang sudah Anda ketik sebelumnya. Kalau mau silahkan atur perataan gambar, mau di posisi kiri, tengah atau kanan. Ukurannya juga bisa Anda rubah kalau mau lebih pas.

Okey, saya rasa artikel Anda sudah cukup bagus sejauh ini.

Berikutnya sebelum Anda publish artikel ini, baiknya di bagian Setelan Entri Anda terlebih dulu mengisi keterangan Label. Isi dengan topik yang sedang Anda bahas di artikel tersebut. Misalkan sesuai dengan contoh diatas, saya bisa isi dengan label Blogger, Blog ataupun Website, Tutorial dan sebagainya. Terserah Anda mau isi apa.

Sudah?

Terakhir Anda bisa klik tombol Publikasikan untuk menerbitkan artikel. Atau untuk memeriksa tampilannya, Anda bisa klik tombol Pratinjau. Sedangkan jika Anda berniat untuk menyimpannya dulu dan melanjutkan artikel tersebut dilain waktu, pilih tombol Simpan.

******

Sekarang Anda sudah berhasil membuat blog baru secara gratis di blogger.com. Berarti Anda sudah punya sebuah blog pribadi di Internet. Dan Anda pun juga sudah bisa membuat tulisan untuk konten di blog Anda tersebut.

Ingatkan tugas dan kewajiban Anda sebagai blogger apa? Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat untuk dibaca orang lain. Saya sangat tidak menyarankan Anda untuk membuat blog COPAS. Sebaiknya Anda belajar dan berlatih untuk membuat tulisan-tulisan Anda sendiri. Buatlah artikel yang original di blog Anda. Itu lebih baik dan memang seharusnya seperti itu yang benar.

Jika Anda kesulitan untuk Menulis Blog Tanpa COPAS, silahkan baca-baca artikel saya di blog ini atau bisa pelajari ebook saya tentang “7 Teknik Rahasisa Sukses Menulis Blog“.

Sekian dulu tutorial hari ini. Berikutnya kita akan lanjut ke pembahasan tentang bagaimana melakukan pengaturan-pengaturan sederhana supaya blog Anda bisa lebih bagus dan bisa seperti website profesional.

Sampai Jumpa!

2 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Metamorfosis Menjadi Blogger
Bagaimana Cara Belajar yg Baik
Close