cover-facebook-2015

Bagi setiap bisa mendapatkan trafik visitor yang tinggi adalah merupakan suatu hal yang menjadi idaman. Betul kan? Iyaa, saya pikir mana ada yang tidak mau blognya ramai dikunjungi. Pasti semua pengen blognya bisa banyak dilihat oleh orang lain. Toh, kita menulis artikel di blog juga berharap bisa memberikan manfaat untuk orang lain kan? Kalau ga ada yang baca gimana mau bermanfaat.

Dan masalah statistik pengunjung blog ini memang rasanya sangat… apaa yaa? Iyaa sangat berkesan lah. Bisa membuat senang. Bisa membuat seorang jadi semangat. Bisa membuat kita rajin ngeblog. Bisa membuat blog kita jadi terkenal.

Atau malah sebaliknya juga. Kalau trafik blognya gak bagus. Bisa-bisa kita sebagai pemilik blog merasa seperti orang yang pengen jualan tapi dagangannya gak laku sama sekali. Bisa bikin kita jadi malas. Bisa bikin kita jadi minder. Bisa bikin kita jadi galau. Bisa bikin kita jadi kesal dan iri ngeliat blog lain yang pengunjungnya beribu-ribuan kali lipat dari trafik kita. Menyedihkan kali yaa? hehehe..

Trafik Blog Tiba-tiba Menurun

penyebab-trafik-blog-turun
Trafik blog Chaidir.Web.ID mendadak turun drastis

Kalau blog yang masih baru trafiknya sedikit masih terbilang cukup wajar. Tentu memang kita harus sabar membangun blog yang baru tersebut agar trafiknya perlahan-lahan naik. Supaya blog kita bisa mendapat pengunjung harian yang banyak, pastinya butuh proses. Butuh waktu. Sekiranya blog kita kontennya memang berkualitas dan optimasi sudah oke, mudah-mudahan prosesnya bisa lebih cepat.

Lain cerita seperti yang saya alamin kemarin. Sebenarnya bukan kemarin pertama kali saya ngalamin hal ini. Kurang dari setahun yang lalu juga sempat pernah. Saat trafik blog sudah lumayan tinggi dan stabil, tanpa diduga-duga jumlahnya anjlok drastis. Menurun tiba-tiba. Kalau menurun sedikit it’s oke lah. Tapi kalau udah sampai kurangnya lebih dari separuh kan bikin kesal juga. Iyaa kan?

Apa Penyebab Trafik Blog Menurun Drastis?

Setidaknya saya bisa membuat sedikit kesimpulan kenapa bisa trafik blog kita yang awalnya sehat, mendadak seperti kurang fit. Apa iya blog kita sedang mengidap penyakit? Kalau pemiliknya yang penyakitan, bisa jadi! Tapi mudah-mudahan sahabat semuanya selalu dalam keadaan sehat wal afiat lah yaa. Aamiin..

5 Kemungkinan Penyebab Trafik Blog Anjlok Tiba-tiba

  1. Pemilik blog sedang mengidap penyakit M alias lagi MALAS.
    Jadinya blog pun gak diurus sampai beberapa hari. Atau kalau sudah akut bisa sampai berbulan-bulan. Kalau udah begini, bisa jadi trafik blog kita pun akan berangsur menurun. Tapi biasanya gak langsung turun drastis. 
  2. Posisi ranking blog di pencarian sudah bergeser.
    Bisa jadi ada lain yang lebih hebat. Dan ternyata dia juga mengincar keyword yang sama dengan yang ada di blog kita. Kalau optimasi kita jelek, artikel punya kita pun pasti jadi terdampar. Efeknya? Sumber masuk dari mesin pencarian pun akan langsung menurun. 
  3. Optimasi blog yang terlalu overdosis.
    Saking banyaknya ilmu SEO yang baru saja dipelajari, terkadang membuat kita jadi terlalu bersemangat. Tanpa memikirkan dan menguji terlebih dahulu. Semua teknik langsung dilibas. Ternyata bisa saja cara kita itu sudah terlalu berlebihan menurut robot Google. Jadinya, Mbah Google kesal dan memberi hukuman pinalty pada blog kita. Wiiiih.. :3
  4. Sering merubah-rubah meta tag maupun struktur template blog.
    Berharap bisa membuat blog jadi tampil lebih baik, terkadang malah sering membuat kita lupa diri. Hari ini struktur blognya begini, besok udah beda lagi. Anda mungkin melihatnya biasa saja. Tapi robot Google pasti akan merasa bingung. Alhasil, proses perayapan blog kita pun jadi terganggu. Bukan tidak mungkin malah ada artikel yang jadi tidak ter-indeks oleh mesin pencarian.
  5. Ada update algoritma baru oleh mesin pencari.
    Terkadang sering juga kan ketika kita mencari keyword tertentu tapi hasil yang muncul tidak sesuai harapan. Hal ini adalah sebuah reputasi yang buruk bagi mesin pencari. Jadinya mereka pasti ingin terus memperbaiki diri agar algoritmanya bisa sempurna. Nah, kalau blog kita ternyata masuk di pejwan bukan karna kualitas dan relevansi bisa saja suatu saat akan dicampakkan oleh algoritma yang terbaru.
*****

Saya rasa kelima point diatas itu adalah beberapa penyebab trafik blog menurun drastis yang sangat mungkin terjadi. Bisa saja masih ada penyebab-penyebab lainnya yang saat ini belum bisa kita tebak. Namanya juga surprise. Jadi anggap saja ini sebagai suatu hadiah sekaligus ujian untuk blog kita. Entah mungkin setelah dilanda kehilangan trafik pengunjung blog, kita jadi lebih termotivasi untuk merebut kejayaannya kembali. Hehehe.. Semangat 45 deh, Bro!!

Solusi untuk Trafik Blog yang Menurun 

solusi-trafik-blog-menurun
Trafik blog Chaidir.Web.ID sudah mulai naik kembali

Saya yakin Anda yang sangat mengincar-incar jumlah trafik blog yang tinggi, akan sangat merasa kecewa ketika tiba-tiba melihat banyak sekali kehilangan pengunjung harian. Mungkin ada juga yang menganggapnya biasa-biasa saja. Atau sok-sok biasa-biasa aja, padahal di hatinya kesal juga. Iyaah, setiap orang pasti menyikapinya dengan cara berbeda-beda.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Berikut ini ada beberapa solusi yang merupakan ide dari saya pribadi. Yang mungkin saja bisa Sahabat praktekkan ketika mengalami kejadian surprise seperti ini. Persoalannya tidak semua blog mengalami kasus atau masalah yang sama. Jadi saya cuman bisa kasih solusi secara umum saja. Simak point-point di bawah ini :

  1. Tetap tenang dan jangan langsung panik. 
    Daripada kesibukan gak jelas mikirin trafik blog yang menurun, mending sejenak kita meluangkan waktu untuk mengintrospeksi diri. Coba diingat-ingat kira-kira kemarin hal apa saja yang baru kita lakukan. 
  2. Baiknya biarkan saja dulu blog kita istirahat selama paling tidak 3 (tiga) hari.
    Kita perlu melihat gimana perkembangannya. Periksa seluruh bagian struktur blog, template maupun artikel. Cari kira-kira ada gak hal yang tidak wajar. Buru-buru mengambil tindakan bukan hal yang tepat. 
  3. Coba lah untuk bertanya pada senior-senior .
    Cari tahu apakah memang hal-hal yang kita duga itu adalah suatu masalah yang menjadi penyebab trafik blog kita terganggu. Bandingkan dengan blog mereka. Jangan lupa untuk meminta masukan.
  4. Cari tahu kesalahan apa yang terjadi.
    Apa lain juga mengalami kejadian serupa disaat yang sama? Kalau iyaa bisa jadi memang ada update algoritma terbaru dari mesin pencari. Jika tidak, berarti memang ada yang salah dengan blog kita. Sebisa mungkin cari tahu apa masalahnya. Coba cek kesehatan blog menggunakan Google Webmaster Tools. Periksa backlink, lihat keyword sumber trafik, dan pesan error jika ada.
  5. Update blog kembali dengan cara yang benar dan perbaiki setiap kesalahan. 
    Sekiranya blog kita kehilangan trafik karna ketahuan copas, iyaa berhentilah jadi tukang copas. Sekiranya struktur template blog kita gak bener, mending ganti dengan template yang lebih SEO friendly. Seterusnya cukup lakukan optimasi yang sewajarnya saja. Jadikan ini sebagai pengalaman yang menyenangkan. Okay?

*****

Trafik Blog Chaidir.Web.ID Sudah Kembali

Selama enam hari mulai tanggal 17 – 23 September 2014 blog saya ini sempat kehilangan banyak trafik. Padahal saya tidak melakukan apa-apa. Malah sebelum turun, saya sedang sibuk menyelesaikan theme wordpress untuk subdomain blog saya ini. Gimana enggak kaget, gitu lihat informasi statistik tiba-tiba dapat surprise begituan.

Seketika beberapa artikel saya yang tadinya ada di posisi pejwan pun hilang entah kemana. Sitelink yang sudah sampai 10 bijik pun jadi tinggal dua. Dan malah di hari berikutnya ikutan hilang juga. Meta description di hasil pencarian juga tidak muncul seperti yang biasanya (untuk halaman beranda). Aneh.

Dihari ketiga, baru saya coba untuk posting artikel terbaru. Ternyata artikel tersebut tetap bisa ter-index oleh Google. Jadi, saya pikir ini bukan suatu masalah yang parah. Karna hampir tidak ada kemungkinan buruk atau kesalahan apapun pada blog saya. Apa mungkin karna saya baru ganti template? Entahlah. Soalnya udah lewat tiga minggu template ini saya ubah.

trafik-blog-turun-sitelink-ikut-berkurang
Sitelink sudah kembali di hari ketujuh (24/09/14)

Karna masih dalam tahap pemulihan, setelah ini saya akan coba untuk lebih rutin meng-update artikel terbaru. Dan yang paling penting adalah tetap berusaha agar beberapa artikel blog ini bisa masuk di halaman pertama pencarian Google. Saya orangnya agak malas sebar-sebarin link. Jadinya saya cuman banyak berharap ada pengunjung yang kecantol kemari lewat Mbah Google.

Walaupun saya masih belum jago SEO. Paling tidak saya masih percaya beberapa artikel di blog ini memang layak berada di pencarian pertama. Karna saya yakin bahwa Google adalah mesin pencari yang sangat pintar. Dia pasti tahu mana konten yang bagus mana yang isinya cuman hasil copas. ^_^

Saya rasa cukup sekian dulu sharing pengalaman kita hari ini. Mudah-mudahan informasi diatas ada manfaatnya buat Sahabat yang sudah baca. Sekiranya nanti kalian mengalami kejadian yang sama, mungkin kita bisa saling sharing lewat kotak komentar di bawah tulisan ini.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

21 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Menulis Blog Lagi, Kenapa Kok Lama Gak Nulis?
Inilah Foto-foto Chaidir Sewaktu Masih Kecil
Close