cara membuat website gratis dengan wordpress self hosted

Anda sudah kepikiran untuk membuat sebuah website sendiri? Atau mungkin sebelumnya Anda sudah pernah membuat blog personal di Blogger.com, dan sekarang Anda mau coba belajar buat situs dengan menggunakan WordPress Self Hosted atau situs yang Anda hosting sendiri. Memang salah satu kekurangan dari layanan blogger adalah karna Anda sama sekali tidak punya kontrol terhadap hosting situs Anda. Wajar sih namanya juga gratisan kan. Tapi apakah tidak bisa kita punya situs GRATISAN dan kita juga punya kontrol penuh terhadap hosting kita tersebut?

Jawabnya tentu saja BISA!

Akan tetapi disini saya tidak menyarankan Anda untuk menggunakan hosting gratisan pada situs utama Anda. Apalagi jika situs Anda sudah memiliki trafik yang tinggi. Bisa dipastikan kalau akun hosting Anda tidak akan tahan menampung trafik tersebut, ujung-ujungnya hosting Anda bisa kenak suspend.

Tapi jika Anda berniat untuk sekedar mencoba tidak ada salahnya. Karna dengan mencoba sendiri, Anda akan tahu gimana rasanya. Iyaa kan?

Cara Membuat Website dengan Hosting GRATIS

Saya sarankan Anda baca juga tulisan saya yang tentang pengaturan DNS Server domain dan hosting. Disitu saya ada contohkan 5 macam kasus yang mungkin akan Anda alami saat ingin membuat website dengan hosting atau domain sendiri.

Oke, sekarang kita mulai saja pembahasannya. Untuk eksperimen uji coba kita kali ini, saya menggunakan Layanan Web Hosting GRATIS Terbaik di Indonesia yaitu IDhostinger. Sebaiknya Anda baca juga tulisan saya seputar web hosting tersebut, biar Anda sedikit paham apa perbedaannya saat Anda menggunakan hosting gratis dengan yang berbayar.

1. Mendaftarkan Akun Hosting dengan Subdomain GRATIS IDhostinger

Atau Anda bisa langsung daftar GRATIS disini :

Jika Anda gak mau repot mengisi formulir pendaftaran, Anda bisa klik daftar via Facebook atau Google Plus. Dan nanti setelah Anda berhasil memiliki sebuah akun di IDhostinger tersebut, silahkan Anda pilih menu Hosting untuk membuat akun hosting baru. Karna kita mau buat yang GRATISAN, pilih saja free plan.

Lalu Anda akan melihat tampilan berikut :

daftar-akun-hosting-gratis-setup-nama-subdomain

Jika Anda sudah punya domain sendiri, Anda bisa pilih domain type Domain. Tapi karna kita masih mau belajar, pilih saja yang Subdomain. Ada beberapa pilihan alamat domain yang bisa Anda gunakan dari pihak IDhostinger, disini saya pakai yang besaba.com.

Setelah Anda masukkan nama subdomain yang Anda mau, kemudian masukkan juga password lalu klik Continue.

Berikutnya Anda akan diminta untuk konfirmasi dengan Captcha dan mencentang persetujuan aturan dari pihak layanan hosting. Terakhir klik Order. Dan Anda sekarang sudah berhasil membuat sebuah akun hosting GRATIS.

2. Menginstall CMS WordPress dengan Auto Installer

Selanjutnya silahkan klik menu Auto Installer. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa cari dari cpanel hosting yang baru Anda buat tadi di bagian menu Website. Atau ketikkan saja di pencarian. Kalau sudah ketemu, pilih WordPress untuk mulai menginstall situs yang mau kita buat.

Anda akan melihat tampilan seperti ini :

setup-wordpress-untuk-install-webstite-di-akun-hosting-gratis

Silahkan Anda isi dengan keterangan situs yang akan Anda buat. Pada bagian URL biarkan saja kosong karna kita akan membuat situs pada alamat subdomain tersebut tanpa embel-embel apapun. Saya kira Anda sudah mengerti bagaimana cara mengisi konfigurasi pada langkah ini. Sangat mudah kok. Jika sudah selesai klik saja Install.

Yang perlu Anda ingat adalah Administrator Username dan Administrator Password. Nanti ini yang akan kita gunakan untuk login ke dashboard situs Anda.

Sampai disini kita tinggal menunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai. Bisa agak lama memang, karna menu Auto Installer ini akan mengupload secara otomatis file CMS WordPress berukuran 21.4 MB (atau lebih) pada hosting yang Anda buat sebelumnya. Dan juga sekaligus akan otomatis membuat database baru dan settingan DNS server untuk situs yang akan Anda install.

Sebenarnya Anda bisa lakukan ini secara manual. Tapi nanti saja di postingan lain akan saya jelaskan langkah-langkahnya. Disini kita main yang praktis saja.

Baiklah, kita tunggu dulu sampai instalasi WordPress-nya selesai.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Oke, sampai disini saya anggap tahap instalasi situs Anda sudah selesai.

Untuk memastikannya Anda bisa coba test buka alamat situs yang Anda buat tadi. Karna mungkin saja cpanel IDhostinger Anda macet, rupa-rupanya situs Anda sudah selesai terinstall. Tapi walaupun begitu jangan sesekali tutup jendela yang sedang melakukan proses Auto Installer tadi yaa. Anda cukup buka tab baru untuk mengecek apakah situs Anda sudah ready apa belum.

Jika sudah mateng, Anda bisa mulai login ke dashboard situs Anda sekarang. Seperti biasa untuk login Anda hanya perlu tinggal tambahkan /wp-admin dibelakang alamat situs yang Anda buat.

Contoh :
http://penulisreview.besaba.com/wp-admin

Gunakan Username dan Pasword yang tadi saya suruh Anda ingat saat proses instalasi.

Dan, selamat!! Akhirnya sekarang Anda sudah berhasil membuat sebuah website dengan WordPress Self Hosting secara GRATIS. Gimana mudah kan?

Kalau Anda sudah bisa buat dengan hosting yang gratisan, saya yakin untuk buat di hosting berbayar Anda juga sudah bisa. Walaupun mungkin tampilan cpanel hostingnya agak berbeda dengan yang dari IDhostinger, tapi kurang lebih langkah-langkahnya sama seperti yang diatas.

Berikutnya saya akan lebih banyak share kepada Anda tentang bagaimana cara ngeblog menggunakan platform WordPress. Pada intinya sih sama aja dengan misalkan saat Anda ngeblog menggunakan Blogger. Hanya mungkin ada beberapa pengaturan yang juga perlu Anda tahu saat menggunakan WordPress Self Hosted.

Sampai Jumpa di tutorial berikutnya!! Jangan lupa subscribe situs Chaidir.Web.ID ini untuk mendapatkan BONUS konten Eksklusif dari saya.

9 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Setelah HP Hilang Beberapa Bulan, Akhirnya Pakai Nokia C2-03
Kapan Waktu Yang Paling Ramai Pengunjung Blog?
Close