cover-facebook-2015

Bagi kalian yang masih menggunakan blog gratisan seperti blogspot.com, wordpress.com atau yang lainnya. Kemungkinan suatu saat kalian juga akan kepikiran untuk nyoba menggunakan domain sendiri. Atau yang sering disebut TLD (Top Level Domain). Memiliki domain sendiri sudah pasti rasanya lebih menyenangkan. Karna tentu kita bisa lebih bebas menggunakannya.

Kalau misal Sahabat kepikiran takut repot ngurusin hosting-nya, sebenarnya enggak juga. Kita bisa menggunakan layanan blogspot sebagai hosting. Kemudian tinggal custom domain saja. Mudah kan? Blog saya ini contoh aplikasinya.

Mengarahkan Domain ke Name Server Hosting

Oke, jadi disini saya mau berbagi pengalaman gimana proses ketika kita sudah membeli domain sendiri. Langkah apa yang perlu kita lakukan selanjutnya?

Pertama, kita perlu melakukan proses yang namanya pointing name server. Kalau saya artikan secara sederhana, domain yang masih baru itu perlu kita arahkan ke alamat server dimana blog kita berada. Kalau tidak domain tersebut belum bisa diakses.

NameServer ini berupa IP atau alamat URL. Yang bergantung pada masing-masing hosting tempat blog kita berada. Jadi, setiap hosting biasanya memiliki Name Server yang berbeda-beda.

Untuk pengguna hosting IDwebhost berikut nameserver yang bisa digunakan:

ns6.idwebhost.com 174.120.70.151
ns7.idwebhost.com 116.199.203.212

Untuk pengguna hosting NiagaHoster berikut nameserver yang bisa digunakan:

ns11.niagahoster.com  –
ns12.niagahoster.com  –

 

Untuk hosting IDhostinger berikut nameserver yang bisa digunakan:

ns1.idhostinger.com 31.170.163.241
ns2.idhostinger.com 31.220.23.1
ns3.idhostinger.com 173.192.183.247
ns4.idhostinger.com 31.170.164.249

Kalau kita membeli domain dan hosting dari tempat yang berbeda, maka gunakanlah alamat IP nameserver dari registar hosting yang kita sewa.

Kalau misalkan kita membeli domain sekaligus hosting, berarti domain tersebut tinggal diarahkan menuju IP hosting di tempat registar yang sama. Biasanya pun secara otomatis sudah diarahkan. Cuman lagi lebih baik dipastikan dulu apakah sudah ter-pointing dengan baik atau belum.

Cara Mengatur Name Server Domain

Kebetulan saya kemarin membeli domain .Web.ID ini dari registar IDwebhost.com. Jadi cara yang saya bahas adalah menurut registar tersebut. Mungkin saja untuk layanan penyedia domain lain caranya agak berbeda (sedikit paling).

Silahkan login ke halaman dashboard Domain. Pilih menu kelola domain.

kelola-domain-

Kemudian klik layanan Name Servers. Pada kotak yang tersedia silahkan masukkan IP nameserver hosting yang kita gunakan. Kemudian klik Upadate Name Servers.

mengatur-name-server

Biasanya proses pointing nameserver ini butuh waktu beberapa jam. Paling lama bisa 1×24 jam. Dan selama itu domain kita bisa jadi masih belum bisa diakses. Iyaa sabar aja lah nunggunya. Tetap tenang dan jangan panik.

Jika sahabat mengalami masalah, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada Customer Service layanan penyedia domain sahabat. Mereka pasti siap membantu selama 24 jam penuh. Bisa lewat chatting atau via email. Atau sahabat juga bisa kontak saya melalui email dan message via facebook.com/ChaidirWeb.

Sampai sini prosesnya masih belum selesai. Nanti kita lanjut ke tahap kedua di postingan saya yang berikutnya. Cara Mengatur DNS Server Hosting Domain

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

18 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Musibah Ketika Hujan Lebat Rumah Kena Sambaran Petir
Cara Mengambil Link dari Postingan Status di Facebook
Close