custom domain dari blogspot ke domain com

Kemarin saya sudah jelaskan kepada Anda bagaimana caranya membuat blog GRATIS dengan menggunakan layanan dari blogger.com. Saya yakin Anda sekarang sudah mulai terbiasa ngeblog, hanya saja mungkin Anda mulai kepikiran pengen buat situs yang lebih terlihat profesional. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan domain TLD sesuai selera Anda. Seperti misal .COM, .NET, .ID, .INFO dan lain-lain.

Caranya sangat mudah! Anda hanya perlu beli domain berbayar dulu dari registrar favorit Anda terserah mau di situs mana. Kalau saya pribadi pernah beli domain atau hosting di IDwebhostNiagahoster, dan NameCheap. Baiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu, siapa tahu Anda bisa dapat harga yang lebih murah.

Oke, sampai disini saya asumsikan Anda sudah memiliki sebuah domain baru dan sudah aktif. Artinya domain Anda sekarang sudah bisa untuk digunakan.

#1 Pastikan NameServer sudah Diatur dengan Benar

Biasanya secara default domain tersebut sudah terpointing ke alamat NameServer registrar tempat Anda beli domain. Karna kita cuman mau custom domain dari blogspot.com, maka biarkan saja pengaturannya seperti itu. Akan tetapi untuk memastikan apakah domain Anda sudah benar-benar terpointing dengan baik, Anda bisa cek pada pengaturan nameserver.

mengatur domain TLD custom domain blogspot nameserver IDwebhost

Untuk melihat halaman pengaturan diatas, terlebih dulu Anda login ke member area > pilih kelola domain > pilih nameserver.

#2 Atur CNAME dan A Record pada menu Manage DNS

Jika sudah sesuai, kita masuk ke pengaturan DNS Server domain Anda. Caranya (untuk ) seperti gambar diatas, Anda pilih saja menu alat pengelolaan kelola DNS.

Kemudian masukkan beberapa pengaturan berikut ini :

Nama Host Jenis Record Alamat Record Priority
www.domain.com CNAME (Alias) ghs.google.com (kosongkan)
domain.com A (Address) 216.239.32.21 (kosongkan)
domain.com A (Address) 216.239.34.21 (kosongkan)
domain.com A (Address) 216.239.36.21 (kosongkan)
domain.com A (Address) 216.239.38.21 (kosongkan)

Catatan:
Untuk beberapa registrar domain biasanya untuk kolom Hostname domain.com bisa diisi dengan karakter @ saja. Itu artinya sama dengan nama domain Anda. Dan untuk www.domain.com bisa diisi dengan www saja.

Berikut ini cuplikan pengaturan DNS Server dari member area IDwebhost :

kelola DNS Server pengaturan DNS untuk custom domain blogspot dari

Pengaturan DNS Server ini dilakukan dengan tujuan supaya domain Anda terhubung dengan alamat IP dari server Google sehingga domain Anda bisa digunakan untuk custom alamat blogspot Anda. Jika langkah ini tidak dilakukan dengan benar, maka domain .COM Anda belum bisa dipakai untuk custom domain blogspot.

#3 Atur Pengalihan Domain dari Dashboard Blogger

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengatur pengalihan domain dari blogspot.com ke domain .COM baru Anda. Caranya, silahkan login terlebih dahulu ke akun blogger Anda seperti biasa.

Setelah masuk ke halaman dashboard akun blog yang mau Anda custom domain, pilih menu Setelan Dasar Penerbitan.

Lalu klik pada link bertuliskan + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

Mengatur Pengalihan Custom Domain Dashboad Blogger Setelan dasar

Setelah itu silahkan masukkan alamat domain TLD Anda pada kotak isian yang tersedia. Jangan lupa untuk mencentang kotak alihkan doman.com ke www.domain.com. Ini supaya saat pengunjung mengakses situs Anda tanpa www maka mereka tetap dapat melihat situs Anda. Jika tidak mereka akan ketemu halaman Not Found.

Lihat gambar dibawah ini :

Cara Mengatur Custom Domain dot Com untuk blogspot Klik tombol simpan untuk menyimpan pengaturan pengalihan domain. Seharusnya sampai disini, Anda sudah berhasil membuat blogspot Anda beralih menjadi beralamatkan domain dot Com.

Namun jika, ternyata Anda menemukan pesan kesalahan seperti dibawah ini :

verifikasi custom domain dot com ke layanan hosting google blogspot

Jangan khawatir!!

Hal diatas bisa terjadi dikarenakan ada pengaturan DNS yang masih terlewatkan atau belum terseting dengan benar sesuai dengan langkah #2 diatas tadi. Anda hanya perlu mengecek ulang pengaturan DNS domain Anda.

Lihat seperti gambar diatas, ada stau detail CNAME record (yang saya tandai dengan kotak merah) dengan tulisan kombinasi huruf dan angka. Silahkan Anda isikan detail tersebut pada pengaturan DNS seperti yang kita lakukan diawal. Baru setelah Anda atur, cobalah untuk klik tombol simpan pada pengaturan blogspot tadi yang masih gagal.

Sekarang saya yakin Anda sudah benar-benar berhasil!!

Oh yaa, masih ada satu masalah lagi yang mungkin akan Anda alami.

Bagaimana Jika Registrar Domain Tidak Ada Fitur Manage DNS?

Masalahnya adalah bagaimana jika ternyata pada halaman member domain Anda, Anda sama sekali tidak menemukan menu pengaturan DNS. Seperti domain saya ini contohnya. Mungkin memang untuk domain .ID, beberapa pihak registrar membatasi fitur untuk melakukan pengaturan DNS. Jadi gimana?

Solusinya adalah :

Gunakan layanan Hosting GRATISAN!

Anda hanya butuh menu untuk mengatur DNS saja kan? Berarti Anda bisa pakai layanan hosting GRATISAN, salah satunya bisa Anda dapatkan disini.

Jadi, setelah Anda mempunyai sebuah akun hosting nanti yang perlu Anda lakukan hampir sama seperti ketiga langkah yang sudah saya jelaskan diatas. Hanya perbedaannya adalah :

#1 Ubah Nameserver Domain menjadi Alamat Nameserver Hosting

#2 Atur CNAME dan A Record dari Cpanel Hosting

#3 Atur Pengalihan Domain dari Dashboard Blogger

Yang Anda perlu cari tahu adalah detail alamat Nameserver hosting yang Anda gunakan. Anda bisa baca tulisan saya tentang Cara Pointing Nameserver Domain dan Hosting.

Dan saya kira gak ada yang sulit disini. Jadi saya gak usah jelaskan panjang lebar lagi yaa.

*****

Sekian dulu tutorial singkat tentang bagaimana caranya mengatur domain TLD dot COM untuk custom domain blogspot Anda. Semoga bisa membantu Anda yang ingin membuat situsnya menjadi lebih keren dan profesional. Untuk Anda yang belum punya domain .COM, yuuk buruan beli!! Hehehe..

Sampai Jumpa!! Kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.

Sumber Gambar: Service Domain

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.